Pidie Panen Gabah 200 Ribu Ton

Hasil panen gabah di Kabupaten Pidie, Aceh, mencapai 211.615,2 ton. Capai itu dihasilkan dari luas baku sawah 29.391 hektare di 22 Kecamatan.

NUSANTARA

Rabu, 05 Jun 2013 18:20 WIB

Author

Radio Mutiara Pidie

Pidie Panen Gabah 200 Ribu Ton

Pidie, Panen Gabah, 200 Ribu Ton

KBR68H, Pidie - Hasil panen gabah di Kabupaten Pidie, Aceh, mencapai 211.615,2 ton. Capai itu dihasilkan dari luas baku sawah  29.391 hektare di 22 Kecamatan.

Kepala Bidang Produksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian dan Peternakan Pidie, Muhammadiah mengatakan, panen itu dihasilkan gabah panen 6,8 - 7,2 Ton per hektar.
 
"Hasil penen tersebut pada musim tanam rendengan 2012/ 2013, sedangkan untuk musim gadu yang dumulai April hingga September diprioritaskan pada daerah sentara produksi seperti Kecamatan Sakti, Mutiara Timur dan Indrajaya dan sejumlah areal lainnya dengan luas tanam  sekitar 16.100 Hektare," jelas Muhammadiah, Senin (5/6).
 
Ia menjelaskan, pada musim gadu biasanya ditanami padi pada lahan yang menggunakan jaringan irigasi. Sedangkan lahan yang tadah hujan seperti di Kecamatan Padang Tiji dan Muara Tiga serta beberapa kecamatan lainya ditanami palawija seperti kedelai dan lainnya.
 
Muhammadiah menjelaskan, khusus kawasan lahan tadah hujan yang ingin ditanami palawija, disarankan untuk menghubungi penyuluh petanian untuk memperoleh benih palawija yang telah disediakan Dinas Pertanian dan Perternakan Pidie.
 
"Bagi petani yang memiliki lahan tadah hujan, untuk beralih menanam palawija pada musim gadu ini, disarankan melapor ke petugas penyuluh pertanian setempa untuk memperoleh bibit hortikultura, yang sesuai disetiap kawasan," ujarnya.

Sumber: Radio Mutiara
Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Saga Akhir Pekan KBR

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18