NUSANTARA

Nelayan Rembang Desak SPBU Khusus Nelayan Segera Dioperasikan

"Nelayan mendesak kepada Pemkab Rembang untuk segera mengoperasikan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN) yang baru didirikan di ujung utara dermaga pelabuhan Tasikagung Rembang."

Radio R2B Rembang

Nelayan Rembang Desak SPBU Khusus Nelayan Segera Dioperasikan
nelayan, rembang, SPBN, solar

KBR68H, Rembang- Nelayan mendesak kepada Pemkab Rembang untuk segera mengoperasikan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN) yang baru didirikan di ujung utara dermaga pelabuhan Tasikagung Rembang.

Bambang Pitoyo, nelayan asal dusun Grajen desa Sumberejo mengatakan selama ini banyak nelayan mengandalkan pasokan dari stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Itupun sering kali antri lama, bahkan terkadang tidak mendapatkan jatah sesuai kebutuhan melaut.

Ia berharap dengan cepat dibukanya SPBN baru, nelayan akan jauh lebih mudah membeli solar. Nelayan berharap nantinya SPBN tidak dimonopoli kelompok kapal tertentu, tetapi kuota Pertamina diratakan ke seluruh kapal, yang memang sudah rutin bersandar di Pelabuhan Tasikagung.

Nelayan lain, Jamuri asal desa Tasikagung menganggap SPBN lama di sebelah selatan dermaga, sudah tidak mampu melayani permintaan solar, seiring jumlah kapal yang terus bertambah. Rata-rata per minggu hanya memperoleh kiriman 50 ribuan liter. Begitu datang, langsung ludes. Akibatnya banyak kapal tidak kebagian, sehingga terpaksa harus membeli bahan bakar ke SPBU. Ketika beberapa kali langka, nelayan cukup pusing, karena menunda waktu melaut, sambil menantikan kesiapan bahan bakar.

Kepala TPI Tasikagung Rembang, Tukimin mengaku belum tahu kapan SPBN mulai dibuka, karena tergantung Pertamina maupun Dinas Kelautan Dan Perikanan. SPBN yang baru ini berbentuk menyerupai sebuah kapal dan lokasinya lebih luas.

Sebelumnya, Kementerian Kelautan Dan Perikanan berencana membangun 1.000 SPBN di seluruh indonesia. Direktur pemberdayaan Masyarakat Pesisir Dan Pengembangan Usaha Kementerian Kelautan Dan Perikanan, Anshori Zawawi menyampaikan Pertamina yang mendirikan SPBN, sedangkan pemerintah daerah setempat bertugas menyediakan lahan dan sumber daya pengelola SPBN. Upaya tersebut untuk memperlancar aktivitas nelayan.

Sumber: Radio R2B Rembang


Editor: Suryawijayanti

  • nelayan
  • rembang
  • SPBN
  • solar

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!