NUSANTARA

Kaltim Prima Coal Kembali Terima Penghargaan Sertifikat Emas PROPER

"KBR68H, Sangatta - PT Kaltim Prima Coal (KPC), kembali meraih penghargaan tertinggi berupa Sertifikat Emas, dalam Program Penilaian Peringkat Kinerja Lingkungan Hidup (PROPER), tahun 2013."

Kaltim Prima Coal Kembali Terima Penghargaan Sertifikat Emas PROPER
kaltim prima coal, penghargaan, sertifikat emas, proper

KBR68H, Sangatta - PT Kaltim Prima Coal (KPC), kembali meraih penghargaan tertinggi berupa Sertifikat Emas, dalam Program Penilaian Peringkat Kinerja Lingkungan Hidup (PROPER), tahun 2013. Penghargaan diserahkan Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak, di Lamin Etam, Samarinda, Selasa (11/6). Penghargaan ini diterima oleh Superintendent Government Relations Samarinda Bilman Sirait.

PROPER Emas bermakna, perusahaan telah melakukan pengelolaan lingkungan hidup lebih dari yang dipersyaratkan dan telah melakukan upaya 3R (Reuse, Recycle, Recovery). Selain itu menerapkan system pengelolaan lingkungan hidup yang berkesinambungan, serta melakukan upaya-upaya yang berguna bagi kepentingan masyarakat pada jangka panjang.

General Manager External Affairs and Sustainable Development (GM ESD) KPC Husein Akma mengatakan, selama ini KPC selalu melakukan inovasi untuk mencapai kondisi lingkungan lebih baik dalam proses penambangan perusahaan.
Husein mengatakan, selain upaya lebih tersebut, KPC mampu mempertahankan kinerja terbaik secara terus menerus. Pengelolaan lingkungan KPC secara keseluruhan dianugerahi PROPER Emas berturut-turut dari tahun 2000-2005. Kemudian pada saat tambang Bengalon memasuki fase operasi tahun 2005-2009, penilaian PROPER dipisahkan.

Sebagai wilayah operasi baru, tambang Bengalon beranjak dari Biru sampai pada tahun 2010 mampu meraih PROPER Emas. Sementara saat pemisahaan itu, operasional tambang Sangatta tetap meraih PROPER Emas, yang berarti sejak tahun 2000 sampai sekarang telah meraih PROPER Emas sebanyak 13 kali.

PROPER Emas yang diraih KPC tidak datang begitu saja. General Manager Health, Safety, Environment and Security (GM HSES) Imanuel Manege mengatakan, hal itu dicapai melalui konsistensi penerapan Sistem Manajemen Lingkungan (SML), yang berkesinambungan.

“SML ini telah menjadi komitmen perusahaan mulai dari pekerja lapangan sampai pada level Presiden Direktur,” kata Im, panggilan akrab Imanuel Manege, Rabu (12/6).

Sumber: Radio Gema Wana Prima

Editor: Doddy Rosadi

  • kaltim prima coal
  • penghargaan
  • sertifikat emas
  • proper

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!