Jelang Ramadhan, Harga Daging Sapi di Pidie Capai Rp 120 Ribu per Kilo

harga daging, pidie, ramadhan

NUSANTARA

Jumat, 14 Jun 2013 18:49 WIB

Author

radio mutiara

Jelang Ramadhan, Harga Daging Sapi di Pidie Capai Rp 120 Ribu per Kilo

harga daging, pidie, ramadhan

Menjelang bulan Ramadhan, harga daging di Kabupaten Pidie, Aceh, melambung. Untuk daging kerbau mencapai Rp 130.000 per kilo. Sementara daging sapi Rp 120.000/kg.
 
Tingginya harga daging dipicu oleh tingginya harga ternak sapi dan kerbau.. Harga kerbau siap potong per ekornya mencapai Rp 6 hingga 8 Juta, sapi  mencapai Rp 4 hingga 6 Juta.
 
"Kenaikan harga tersebut mulai terjadi pada bulan Mei lalu. Menyusul tingginya permintaan sapi untuk pemotongan pada hari Meugang  sebagai tradisi tahunan di Aceh menjelang bulan Ramadhan,” sebut Bagian Kesehatan Hewan (Keswan) Dinas Pertanian dan Peternakan Pidie, Ernida.
 
Katanya,  kerbau dan sapi yang akan disembelih pada hari Meugang telah melalui pemeriksaan dari petugas kesehatan hewan di setiap Kecamatan.
 
Selanjutnya Ernida menyampaikan, jumlah kerbau dan sapi yang akan disembelih pada hari Meugang  nanti sebanyak 1.343 ekor dengan rincian, sapi 381 ekor, kerbau 962 ekor. Sedangkan ternak pendukung seperti kambing 936 ekor, sementara unggas jenis ayam dan itik ketersediannaya cukup banyak, 22.360 ekor.
 
Ernida mengatakan, jumlah ternak yang akan disembelih menjelang Ramadhan tahun ini mengalami kenaikan dari tahun lalu. Tahun 2012,  jumlah ternak yang disembrlih 1.178 ekor, terdiri dari sapi 320 ekor, kerbau 858 ekor. Untuk ternak kambing berjumlah 885 ekor. Sedangkan jenis unggas ayam dan itik, berjumlah 20.975 ekor.
 
Pihaknya  menghimbau kepada masyarakat yang akan mengkonsumsi daging menjelang Ramadhan nanti, hendaknya memperhatikan betul jenis fisik daging, seperti kelihatan memerah, masih terlihat segar, berbau ciri khas daging segar.

Sumber: radio Mutiara

Editor: Antonius Eko

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Aplikasi LAPOR Dinilai Tidak Efektif Tanggapi Laporan Masyarakat