Gubernur Papua: 2 Kubu yang Bertikai di Nduga Sudah Berdamai

Pemprov Papua mengklaim perang antar kelompok masyarakat Kabupaten Nduga di Wamena telah dihentikan. Perdamaian kedua kelompok telah dilakukan tadi malam di Jayapura.

NUSANTARA

Jumat, 07 Jun 2013 16:55 WIB

Author

Katharina Lita

Gubernur Papua: 2 Kubu yang Bertikai di Nduga Sudah Berdamai

nduga, papua, konflik

KBR68H, Jayapura- Pemprov Papua mengklaim perang antar kelompok masyarakat Kabupaten Nduga di Wamena telah dihentikan. Perdamaian kedua kelompok telah dilakukan tadi malam di Jayapura.

Gubernur Papua, Lukas Enembe menuturkan pihaknya telah memanggil Bupati dan DPRD Nduga terkait masalah tersebut. Kedua petinggi itu telah bersepakat mengakhiri perang dan akan diselesaikan lewat jalur adat dalam waktu dekat. Pesta perdamaian adat akan dilakukan di lapangan terbuka di Wamena dalam waktu dekat.

“Bupati dan DPR pegang pada komitmen itu, karena sudah berapa kali mereka bicara lalu terjadi lagi, jadi Pak Kapolda, Wakapolda  udah wanti-wanti mereka, kalau memang masih lanjut, dengan tindakan tegas, dengan tindakan hukum. (Artinya sudah tidak ada lagi perang? Sudah sepakat?) Tidak ada lagi, hanya formula perdamaiannya akan disepakati,” jelasnya.

Perang antar kelompok di Wamena dipicu masalah pemekaran distrik, kampung dan daerah pemilihan. Akibat perang ini 8 orang tewas, diantaranya 5 orang dari kubu bupati dan sisanya dari kubu DPRD setempat. Dalam kasus ini, kepolisian setempat menangkap tiga orang yang diduga melakukan pembunuhan anggota DPRD Nduga di Sentani dan dikenakan pasal pembunuhan.

Editor: Suryawijayanti 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Polisi Sebut Pelaku Bom Bunuh Diri di Polrestabes Medan Beraksi Sendiri