NUSANTARA

Canangkan Visit Aceh Year, Kunjungan Wisman Justru Turun

Canangkan Visit Aceh Year, Kunjungan Wisman Justru Turun

 KBR68H, Aceh- Jumlah wisatawan manca negara (wisman) yang berkunjung ke provinsi Aceh pada bulan April sebanyak 987 orang atau menurun sebesar 16,99 persen bila dibandingkan dengan jumlah kunjungan wisman pada bulan Maret 2013.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh Hermanto mengatakan secara komulatif dari bulan Januari hingga April 2013 jumlah wisman yang datang ke Aceh mencapai 4.114 orang atau turun hingga 20,27 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2012 lalu, yang mencapai 5.160 orang.

Penurunan jumlah kunjungan wisman tersebut harus menjadi bahan intropeksi bagi pemerintah Aceh yang sedang menggalakkan Visit Aceh Year 2013 atau tahun kunjungan wisata Aceh tahun  2013.

“Jumlah wisman yang datang ke Aceh bulan kemarin justru menurun, ini ada apa? mungkin perlu dikaji juga, apakah kurang even atau kurang promosi”lanjutnya.

Hermanto menambahkan manyoritas wisman yang datang ke Aceh pada bulan April lalu masih dari negeri jiran Malaysia yang mencapai 581 orang, namun angka itu justru turun jika dibandingkan dengan bulan Maret lalu sebesar 22,64 persen. Kunjungan Wisman lain berasal dari Thailand 63 orang, Singapura, Amerika Serikat dan RRC masing-masing sebanyak 34 orang.

Menurutnya lagi secara kumulatif hingga bulan April 2013, wisman dari Malaysia masih mendominasi, yang mencapai 2.569 orang, disusul Perancis 142 orang, Australia 140 orang dan inggis sebanyak 133 orang.

Sementara itu terkait dengan target pemerintah Aceh mendatangkan 800 ribu orang wisman ke Aceh pada tahun 2013 ini, BPS menyarankan agar pemerintah Aceh tetap melihat riwayat kunjungan sebelumnya sehingga tidak hanya sekedar optimisme saja.

"Optimisme pemerintah Aceh juga harus dibarengi dengan program-program yang nyata untuk mendatang wisatawan, khususnya manca negara,"pungkasnya.

Sumber: Radio Antero FM

Editor: Suryawijayanti 

  • wisatawan
  • Visit Aceh Year

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!