NUSANTARA

Ada Sumber Panas Bumi, Status Gunung Ijen Jadi Taman Nasional Terhambat

"Status Taman Nasional untuk Gunung Ijen terhambat eksplorasi panas bumi di kawasan perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso, Jawa Timur."

Ada Sumber Panas Bumi, Status Gunung Ijen Jadi Taman Nasional Terhambat
gunung ijen, taman nasional

KBR68H, Banyuwangi - Status Taman Nasional untuk Gunung Ijen terhambat eksplorasi panas bumi di kawasan perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso, Jawa Timur.

Menurut Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur Lutvie Achmad, tertundanya perubahan status tersebut karena adanya eksplorasi panas bumi di wilayah tersebut. Eksplorasi yang dilakukan PT Medco hingga kini masih berlangsung.
 
“Nampaknya yang pertama memang Pemerintah Daerah dalam hal ini untuk bisa direkomendasikan oleh gubernur itu syaratnya harus ada perteks dari Peruhutani. Nampaknya belum jadi dan sampai detik ini belum ada rekomendasi dari gubenur. Yang kedua ini dampak ini ada lagi perkembangan berikutnya karena kemandirian energi itu di situ nampaknya salah satu lokasi yang dicadangkan untuk panas bumi,” kata Lutvie Achmad.

Sementara itu, menurut Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati Kementerian Kehutanan Novianto Bambang, proyek panas Bumi itu dikhawatirkan akan mengubah fungsi ekologis kawasan Gunung Ijen.Namun saat ini perubahan status kawasan wisata Gunung Ijen masih terus dikaji.

BKSDA Jawa Timur, telah mengusulkan peningkatan status kawasan wisata Gunung Ijen menjadi taman nasional sejak tahun 2000. Sebab hutan di kawasan Gunung Ijen dinilai masih alami dan terjaga dengan baik.

Editor: Antonius Eko

  • gunung ijen
  • taman nasional

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!