NASIONAL

Naik, Harga Telur Ayam di Pasar Beringharjo

"Meski mengalami kenaikan harga, tapi praktiknya tidak ada masalah dalam aliran pasok komoditas telur ayam ke pasaran."

Telur Ayam
Pedagang telur ayam ras di Pasar Pabaeng-Baeng, Makassar, Sulawesi Selatan (7/7/2022). (Foto: ANTARA/Arnas Padda)

KBR, Yogyakarta - Badan Kebijakan Perdagangan Kementerian Perdagangan hari ini melakukan pemantauan harga komoditas pokok di Pasar Beringharjo, Yogyakarta.

Menurut Kepala Badan Kebijakan Perdagangan, Kasan, semua harga komoditas pokok masih dalam kondisi stabil. Tapi harga telur ayam mengalami kenaikan hingga Rp31.000 perkilogram.

“Sebenarnya kalau mengacu pada harga acuan telur sebenarnya harga Rp 30 ribu sampai 31 ribu per kilo ini berarti 3 sampai 4 persen di harga acuan. Jadi tidak lebih dari lima persen,” katanya usai memonitor harga bahan pokok di Pasar Beringharjo Yogyakarta, Rabu (17/5/2023).

Kasan menambahkan, meski mengalami kenaikan harga, tapi praktiknya tidak ada masalah dalam aliran pasok komoditas telur ayam ke pasaran. Kasan juga berjanji untuk melakukan kunjungan ke sentra-sentra penghasil telur ayam, seperti di Jawa Tengah, dan Blitar, Jawa Timur.

Kasan menambahkan, harga-harga pangan atau sembako di pasaran merupakan bagian komponen dari inflasi. Sebab jika inflasinya naik, artinya harga barang dan jasa juga akan ikut naik. Namun berdasarkan data dari BPS yang sudah rilis April 2023, inflasi sudah turun jika dibandingkan dengan Maret 2023.

“Kecenderungan harga-harga ini turun. Komponen distribusi atau transportasi itu juga ada di komponen inflasi juga, terpisah. Tapi yang sudah terjadi di harga pangan itu juga dicatat karena semua dicatat di harga akhir,” sambungnya.

Baca juga:

- Pinsar: Harga Telur Ayam Akan Segera Turun

- Harga Telur Naik, Peternak di Jombang Masih Merugi

Kasan mengungkap, inflasi ini menjadi salah satu perhatian karena sangat mempengaruhi daya beli. Oleh sebab itu pihaknya selalu memonitor harga pangan dan pasokannya agar tetap stabil.

“Pendapatan kita, penghasilan kita punya dibelanjakan tidak ada perubahan minimal, daya beli tetap,” tandasnya.

Ditanya soal Operasi Pasar, Kasan menyebut akan tetap melakukannya.

Ia juga mengimbau kepada dinas terkait untuk tetap menyelenggarakan pasar murah. Hal ini sebagai upaya untuk membantu masyarakat mendapatkan bahan pokok yang terjangkau.

“Juga setelah lebaran ini tetap akan kami lakukan. Tujuannya untuk membantu masyarakat mendapatkan bahan pokok yang terjangkau,” imbuhnya.

Sementara itu, berdasarkan situs hargapangan[dot]id hari ini, harga telur ayam terendah di Pasar Tradisional Sulawesi Selatan dengan Rp27.250 perkilogram. Dan harga telur ayam tertinggi di Maluku dengan Rp40.400 perkilogram.

Editor: Fadli

  • telur ayam
  • IKAPPI
  • telur

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!