NUSANTARA

Kapal Tenggelam di Rembang, Bagaimana Nasib Belasan ABK?

"Kapal bernama KM Puji Jaya dengan bobot 29 gross ton (GT) itu karam, saat para anak buah kapal (ABK) mulai menebar jaring untuk mencari ikan."

Kapal Tenggelam di Rembang, Bagaimana Nasib Belasan ABK?
Kapal nelayan tenggelam di sebelah utara Rembang, Jawa Tengah. Foto: Tangkapan Layar ABK

KBR, Rembang- Sebuah kapal nelayan tenggelam di lokasi sekira 40-an mil sebelah utara Pelabuhan Tasikagung, Rembang, Jawa Tengah.

Kapal bernama KM Puji Jaya dengan bobot 29 gross ton (GT) itu karam, saat para anak buah kapal (ABK) mulai menebar jaring untuk mencari ikan.

Kasat Polair Polres Rembang, Sukamto menjelaskan peristiwa tersebut terjadi Sabtu, (13/05), pukul 15.30 WIB.

Kata dia, 14 orang ABK KM Puji Jaya berhasil diselamatkan kapal nelayan lain. Mereka kini telah bersandar di Pelabuhan Tasikagung.

“Jadi kapal tenggelam, dengan nilai kerugian sekira Rp1 Miliar, sedangkan semua ABK selamat. Kapal jenis ini biasanya melaut antara 15 hari sampai 1 bulan," jelasnya, Senin, 15 Mei 2023.

Ombak Besar dan Angin Kencang

Sukamto menambahkan pada saat kapal berada di lokasi kejadian, muncul ombak besar disertai angin kencang. Tiba-tiba bagian belakang kapal sebelah kiri bocor. Air sempat berhasil dikendalikan dengan mesin pompa penyedot.

Tapi sore harinya, cuaca semakin tidak bersahabat, membuat air laut masuk lagi dan merendam bagian mesin kapal. Sebelum kapal tenggelam, mereka meminta bantuan awak kapal lain di sekitar lokasi, untuk memberikan pertolongan.

"Para ABK yang ditolong, kemudian dibawa oleh KM Mustika Indah pulang ke Pelabuhan Tasikagung. Mereka tiba dengan selamat," kata Kasat Polair Sukamto.

Menurutnya, selain faktor cuaca, diduga kondisi kayu kapal juga sudah rapuh.

"Dimungkinkan juga karena kondisi kapal lama, termasuk kapal tua. Belum lagi ombak besar dan angin kencang," imbuhnya.

Kepolisian mengimbau para nelayan memperhatikan sejumlah hal, sebelum berangkat melaut. Semisal soal kelaikan kapal dan kondisi cuaca.

Baca juga:

Editor: Sindu

  • Kapal Tenggelam
  • Rembang
  • Nelayan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!