Bagikan:

Adik Presiden Jokowi Menjalani Jonggolan sebelum Menikah

KUA juga mempersiapkan sejumlah naskah dalam berbagai bahasa.

NUSANTARA

Rabu, 25 Mei 2022 20:19 WIB

Adik Presiden Jokowi Menjalani Jonggolan sebelum Menikah

Ilustrasi: Ketua MK Anwar Usman akan menikahi Idayati, adik Presiden Joko Widodo. Foto: www.kemenag.go.id

KBR, Solo- Adik Presiden Jokowi, Idayati dan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar usman akan menjalani jonggolan atau proses verifikasi data. Ketua KUA Banjarsari Solo, Arbain Basyar mengatakan proses verifikasi data administrasi calon pengantin dilakukan hari ini, Rabu, 25 Mei 2022.

Menurut Arbain, verifikasi bertujuan untuk memastikan keakuratan data kependudukan masing-masing calon mempelai.

"Jonggolan ini kan verifikasi data calon mempelai. KUA yang akan memverifikasi. Ada perubahan data yang diajukan atau tidak. Fleksibel. Bisa di rumah calon mempelai atau mereka datang ke KUA. Biasanya H-1 menjelang hari pernikahan. Jonggolan itu yang datang ya kedua calon mempelai, saksi nikah, dan wali nikah", jelas Arbain Basyar, Rabu, (25/5/2022).

Arbain menjelaskan, dalam tradisi Jawa, verifikasi data calon mempelai dinamakan jonggolan. Menjelang hari H pernikahan, KUA memverifikasi data pribadi calon pengantin, wali nikah, saksi masing-masing mempelai dan lain sebagainya.

KUA juga mempersiapkan sejumlah naskah dalam berbagai bahasa antara lain Jawa, Indonesia, maupun Arab yang akan dibacakan saat prosesi akad nikah.

Saksi Calon Mempelai

Adik kandung Presiden Jokowi, Idayati, akan menikah dengan ketua Mahkamah Konstitusi, Anwar Usman. Pernikahan akan digelar di Gedung Graha Sabha Buwana Solo, Kamis (26/5).

Kedua calon mempelai menikah lagi karena masing-masing pernah memiliki suami/istri, namun sudah meninggal. Istri Anwar Usman meninggal dunia Februari 2021. Suami Idayati meninggal dunia pada September 2018.

Nantinya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno akan menjadi saksi pernikahan Idayati. Sedangkan saksi dari Anwar Usman ialah Panglima TNI Andika Perkasa.

Baca juga:

Editor: Sindu

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

RAPBN 2023, Penanganan Pandemi Tak Lagi Jadi Prioritas?

Most Popular / Trending