Warga Kota Sabang Dikejutkan Gempa Jelang Sahur

Warga perlu waspada mengingat kondisi wilayah Aceh rawan terjadi gempa bumi dan tsunami. 

BERITA | NUSANTARA

Senin, 03 Mei 2021 10:34 WIB

Author

Alfath Asmunda

Warga Kota Sabang Dikejutkan Gempa Jelang Sahur

Ilustrasi gempa. Foto: ANTARA

KBR, Banda Aceh- Warga Kota Sabang dikejutkan dengan gempa magnitudo 4,8 yang terjadi menjelang waktu sahur. Gempa berpusat di laut, tepatnya 94 kilometer barat daya Kota Sabang, Senin (3/5/2021). Gempa itu turut dirasakan warga Banda Aceh dan Aceh Besar.

Pada 28 April 2021, Kota Sabang juga diguncang gempa magnitudo 3,5. Dua hari berikutnya, yakni pada 30 April Sabang kembali diguncang gempa magnitudo 5,1. Kemudian pada 1 Mei 2021, Kota Sabang kembali diguncang gempa sebanyak tiga kali sejak subuh dengan kekuatan gempa rata-rata magnitudo 3.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Aceh Besar, Djati Cipto Kuncoro mengatakan tidak ada dampak kerusakan bangunan maupun korban jiwa dari rentetan kejadian gempa di Sabang.

Namun, Djati menyebut, warga perlu waspada mengingat kondisi wilayah Aceh rawan terjadi gempa bumi dan tsunami. Terlebih, jika rentetan gempa-gempa kecil itu terjadi. Besar kemungkin itu adalah pelepasan energi yang bisa menimbulkan gempa dengan kekuatan besar.

"Energi dari gempa-gempa kecil itu sudah semakin sering dikeluarkan, sehingga memang, kecil kemungkinan untuk adanya terjadi gempa yang besar. Namun demikian kita harus tetap mewaspadai," katanya kepada KBR, Senin (3/5/2021).

Djati Cipto Kuncoro menuturkan, berdasarkan pantauan sensor BMKG, gempa-gempa kecil yang terjadi di perairan luar Sabang telah terjadi lebih kurang 10 kali.

"Itu (gempa) yang bisa dirasakan manusia ya, dari akhir bulan April dan Mei," tuturnya.

Editor: Sindu Dharmawan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kontroversi Pembatalan SKB 3 Menteri soal Seragam

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Menyekat Pemudik Nekat

Kabar Baru Jam 10