covid-19

Sepekan Terakhir, Ratusan Desa di Aceh Diterjang Banjir

Misalnya, curah hujan tinggi, dengan curah hujan tinggi, mohon kira-kira harta bendanya dievakuasi dan kalau bisa malam hari numpang di rumah keluarga yang lain

BERITA | NUSANTARA

Jumat, 21 Mei 2021 16:59 WIB

Sepekan Terakhir, Ratusan Desa di Aceh Diterjang Banjir

Bencana banjir imbas luapan air sungai yang menerjang 10 kabupaten di Aceh, sepekan terakhir. (Foto : BPB Aceh)

KBR, Aceh – Sebanyak 10 dari 23 kabupaten/kota di Provinsi Aceh, diterjang bencana banjir, sepekan terakhir. Imbasnya, sekitar 134 desa terendam banjir, dengan ketinggian air bervariasi mulai 50 centimeter hingga 1,5 Meter.

Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Fadmi Ridwan mengatakan, banjir terjadi akibat tingginya intensitas hujan dan meluap hingga ke pemukiman warga.

Selain pemukiman, banjir juga menggenangi jalan nasional dan jalan antar kabupaten. Bahkan ada beberapa jalur darat harus terputus, akibat banjir.

"Itu harap sensitif dengan situasi lingkungan, karena apapun baik longsor atau segala macam kan tidak terjadi dengan serta merta, ada tanda-tanda dulu. Misalnya, curah hujan tinggi, dengan curah hujan tinggi, mohon kira-kira harta bendanya dievakuasi dan kalau bisa malam hari numpang di rumah keluarga yang lain. Untuk kita, keselamatan keluarga itu nomor satu," kata Fadmi Ridwan kepada KBR, Jum’at (21/5/2021).

Fadmi Ridwan mengatakan, BPBD Aceh terus berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten/kota terkait penanganan banjir tersebut. Saat ini tidak ada laporan korban jiwa dalam peristiwa bencana alam tersebut.

"Tim di BPBD terus berupaya melakukan penanganan secara maksimal, kalau memang ada yang mengeluarkan status darurat tentu akan dipasok bantuan tambahan dari BPBA. Kita terus monitor dan pantau banjir itu,"  jelasnya.

Data BPB Aceh mencatat ada 10 kabupaten yang dilanda bencana alam banjir dalam sepekan terakhir, dan 8 di antaranya terjadi akibat banjir luapan.

Jika dirinci, sebanyak 13 desa terdampak banjir di Kabupaten Aceh Barat, 1 desa di Aceh Barat Daya, 23 desa di Aceh Singkil, 1 desa di Aceh Tengah, 6 desa di Nagan Raya, 25 desa di Subulussalam, 28 desa di Aceh Selatan dan 28 desa di Kabupaten Simeulue.

Selain banjir, juga terjadi banjir bandang di Kabupaten Aceh Tenggara dan Gayo Lues. Sebanyak 9 desa yang terdampak banjir bandang tersebut.

Selain itu, banjir itu juga merusak 14 unit rumah, dan 1 unit Tempat Pengajian Al-Quran. 

"Saat ini petugas BPBD tengah mendata kerugian materil akibat banjir ini," pungkas Fadmi Ridwan.

Editor: Kurniati Syahdan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Layanan Identitas Kependudukan bagi Kelompok Transpuan

Kabar Baru Jam 8

Seruan untuk Lindungi Nakes di Daerah Rawan

Kabar Baru Jam 10