Klaster Tarawih di Banyuwangi 53 Positif Covid-19, 6 Meninggal Dunia

"Dari ratusan orang yang kita periksa itu menghasilkan 53 orang yang positif Covid-19 , 6 di antaranya meninggal dunia,”

BERITA | NUSANTARA

Senin, 10 Mei 2021 08:17 WIB

Author

Hermawan Arifianto

Klaster Tarawih di Banyuwangi 53 Positif Covid-19, 6 Meninggal Dunia

Ilustrasi: Protokol kesehatan saat salat tarawih berjamaah di Masjid Istiqlal, Jakarta, Senin (12/4/2021). (Antara/Hafiz Mubarak)

KBR, Banyuwangi- Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, menemukan Klaster baru penularan Covid-19 di Daerahnya. Klaster baru itu klaster tarawih.

Menurut Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Banyuwangi, Wiji Lestariono mengatakan, klaster tarawih tersebut terjadi di Dusun Yudomulyo, Desa Ringintelu, Banyuwangi. Kata dia, Kasus baru ini berawal dari Seorang ketua takmir mushola setempat yang diketahui sakit, setelah dilakukan tes Covid-19 hasilnya dinyatakan positif Covid-19.

Sehingga kata Wiji, tim Satgas Covid-19 Kecamatan setempat langsung melakukan pelacakan ke seluruh jamaah masjid dan keluarganya. Hasilnya ada 53 orang dinyatakan positif Covid-19 dan enam  di antaranya meninggal dunia. 

Kata dia, untuk jamaah yang dinyatakan positif langsung diminta untuk isolasi mandiri. Selain itu ada juga yang harus dirujuk ke rumah sakit karena ada kejala.

“Karena kasus awal yang ditemukan itu merupakan takmir dari musala, sehingga petugas kesehatan melakukan tracing dengan menyasar kepada jamaah tarawih hasilnya cukup banyak. Dari ratusan orang yang kita periksa itu menghasilkan 53 orang yang positif Covid-19, enam di antaranya meninggal dunia,” ujar Wiji Lestariono, Minggu (9/5/2021) di Banyuwangi.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Banyuwangi, Wiji Lestariono menambahkan, tim Satgas Covid-19 Kabupaten Banyuwangi, terus melakukan pelacakan   mengingat ada indikasi masih banyak warga setempat yang dinyatakan posistif Covid-19.

Hingga awal Mei 2021 ini, Kabupaten Banyuwangi masuk Zona oranye atau katagori sedang penyebearan Covid-19 di Jawa Timur. Jumlah pasien yang posisitif Covid-19 mencapai 6200 orang lebih. Dari jumlah tersebut 5400 lebih dinyatakan sembuh, 164 dalam perawatan dan 631 meninggal dunia.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Mencari Solusi Krisis Pengelolaan Sampah di Indonesia

Kabar Baru Jam 8

Inspirasi Bisnis dari Aerostreet

Kian Merebak Covid Varian Delta