BERITA

Kesulitan Air Bersih, Warga di Rembang Antre hingga Larut Malam

"Antrean jirigen kosong mengular panjang."

Muhamad Ridlo Susanto

Kesulitan Air Bersih, Warga di Rembang Antre hingga Larut Malam
Ilustrasi kran air PDAM. Foto: humas.pontianakkota.go.id

KBR, Rembang- Kekeringan mulai melanda sebagian wilayah di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Hal itu terlihat dari warga di sejumlah dusun di sana yang kesulitan air bersih.

Bahkan warga di Dusun Kolilo, Desa Sendangcoyo, Kecamatan Lasem, harus begadang sampai larut malam, demi mendapatkan air bersih. Antrean jirigen kosong mengular panjang. Padahal dusun ini berada di puncak pegunungan Lasem.

Seorang warga Dusun Kolilo, Tonah mengaku ia dan keluarga mandi sekali dalam sehari, supaya lebih hemat.

"Kebutuhan paling banyak untuk mandi, nyuci sama masak. Harapannya ke depan kondisi ini tidak berlarut-larut," ungkapnya, Minggu (23/05).

Tonah menambahkan meski banyak pepohonan, tapi kampungnya sulit sumber air. Beberapa kali warga maupun pihak desa melakukan pengeboran sampai kedalaman ratusan meter, namun belum keluar air. Pihak desa sudah berupaya mencari solusi, tetapi hingga saat ini belum ada penanganan efektif.

"Kedalaman 150 Meter belum dapat air, ini alatnya malah putus, kecepit di dalam. Jadi berhenti enggak dilanjutkan," keluh Tonah.

Editor: Sindu Dharmawan

  • kekeringan
  • air bersih
  • Rembang
  • Jawa Tengah
  • Kemarau

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!