Gempa Bumi 4,9 SR Guncang Sinabang

Gempa disebabkan adanya aktivitas tektonik seputaran Sumatera dan Simeulue.

BERITA | NUSANTARA

Selasa, 11 Mei 2021 08:31 WIB

Author

Erwin Jalaludin

Gempa Bumi 4,9 SR Guncang Sinabang

Pusat gempa bumi. Foto: BMKG Aceh

KBR, Aceh– Gempa bumi berkekuatan 4,9 skala richter mengguncang Kota Sinabang, Kabupaten Simeulue, Aceh, Selasa, 11 Mei 2021, sekira pukul 03.44 WIB. Gempa tektonik ini terjadi 10 kilometer di kedalaman laut sekitar 30 kilometer arah barat daya Sinabang.

Kepala Stasiun Geofisika Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Aceh Besar, Djati Cipto Kuncoro mengatakan gempa disebabkan adanya aktivitas tektonik seputaran Sumatera dan Simeulue.

"Jadi kebetulan Pak Yogi ya, Dandimnya itu beliau merasakan adanya getaran, kemudian beliau langsung menyampaikan informasi tersebut di jajarannya sampai ke tingkat Babinsa. Setelah, Saya share ke grup Whatshapp, beliau menyampaikan,'Pak, kami merasakan',” kata Djati Cipto Kuncoro menjawab KBR, Selasa (12/5/2021).

Djati menambahkan, gempa bumi Sinabang itu tidak berpotensi tsunami kendati sempat ada gempa susulan 3,2 SR, pada pukul 04.00 WIB. Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh informasi yang tidak benar, serta terus meonitor BMKG terkait perkembangan gempa tersebut.

Berdasarkan data, sepanjang Januari sampai awal Mei tercatat ada 300 kali gempa mengguncang wilayah Aceh, dengan kekuatan bervariasi 2-5,1 SR.

"Pasca-gempa bumi dan tsunami 2004 lalu masyarakat Aceh sudah teredukasi. Warga sudah paham apa yang dilakukan, mulai saat terjadinya gempa hingga setelah terjadinya gempa itu sendiri," paparnya.

Ada 5 kabupaten/kota yang rawan dilanda gempa, yaitu Simeulue, Sabang, Pidie jaya, Gayo Lues, dan Aceh Besar.

Editor: Sindu Dharmawan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Mencari Solusi Krisis Pengelolaan Sampah di Indonesia

Kabar Baru Jam 8

Inspirasi Bisnis dari Aerostreet

Kian Merebak Covid Varian Delta