Sambut Panen Raya, Jemaat GKJW di Jombang Lomba Tabuh Lesung

BERITA | NUSANTARA

Kamis, 05 Mei 2016 20:35 WIB

Author

Muji Lestari

Sambut Panen Raya, Jemaat GKJW di Jombang Lomba Tabuh Lesung

Remaja jemaat GKJW saat lomba musik lesung menyambut panen raya, Kamis (05/05). Foto: Muji Lestari/KBR

KBR, Jombang– Jemaat Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) Mojowarno, Jombang, Jawa Timur, menggelar lomba musik lesung. Selain melestarikan tradisi nenek moyang, lomba musik lesung ini juga untuk menyambut panen raya agar hasil panen para petani melimpah sesuai harapan. Pasalnya, mayoritas penduduk dan wilayah Kecamatan Mojowarno merupakan areal pertanian dengan warga yang bekerja sebagai petani tulen.

Pimpinan GKJW Mojowarno, Wimbo Sancoko, mengatakan, lomba musik lesung merupakan agenda rutin yang digelar setiap tahun, saat musim panen. Tidak hanya panen padi, namun, juga palawija yang diharapkan hasil panennya maksimal.

"Pukul lesung sebenarnya itu kan tradisi orang Jawa khususnya orang tani zaman dulu, ketika mereka panen padi untuk menjadi beras harus diolah, harus ditumbuk dengan lesung dan itu sekarang harus dilestarikan," kata Wimbo Sancoko, Kamis (05/05/16).

Para peserta musik lesung itu sebagian besar merupakan remaja jemaat GKJW Mojowarno. Mereka menampilkan nyanyian rohani dengan bahasa jawa yang mengandung makna sujud syukur atas kemurahan Tuhan.

Editor: Dimas Rizky

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Tim Teknis Pengungkapan Kasus Novel Dinilai Belum Ungkap Apapun