Minat Baca NTT Rendah, Kepala Perpus NTT: Ini Tantangan Bagi Kami

Selama 2015, hanya 42 ribu lebih pengunjung perpustakaan NTT.

BERITA | NUSANTARA

Rabu, 18 Mei 2016 10:06 WIB

Author

Silver Sega

Minat Baca NTT Rendah, Kepala Perpus NTT: Ini Tantangan Bagi Kami

Ilustrasi. Perpustakaan. Foto: Antara

KBR, Kupang- Badan Perpustakaan Daerah Nusa Tenggara Timur mengklaim minat baca warga NTT masih rendah. Menurut Kepala Badan Perpustakaan Daerah NTT, Fredik Tielman minimnya minat baca warga dilihat dari jumlah kunjungan ke perpusatakaan. Kata dia, selama 2015, hanya 42 ribu lebih pengunjung perpustakaan NTT.

"Ini mungkin saja ada yang belum mengenal betul tentang perpustakaan, atau juga mungkin karena sekarang sudah jaman teknologi informasi komunikasi." kata Fredik Tielman di Kupang Rabu (18/5).

Kata Fredik saat ini sudah ada situs-situs yang menyediakan buku - buku elektronik. Namun ia tak terlalu risau dengan situasi itu. Dia berujar "Mereka mungkin lebih mudah untuk mendapatkan informasi lewat internet. Ini tantangan bagi kami." 

Kepala Badan Perpustakaan Daerah NTT, Fredik Tielman menambahkan, pengunjung perpustakaan Daerah NTT kebanyakan mahasiswa, sedangkan warga biasa sangat jarang berkunjung ke perpustakaan. 

Badan perpustakaan Daerah NTT saat ini mengoleksi 27 ribu judul buku. 

Sementara itu, berdasarkan survei terbaru yang dilakukan World Most Literate Nations minat baca di Indonesia termasuk dua terbawah dari 61 negara. Minat baca Indonesia menempati posisi ke-60, satu peringkat di atas Botswana, Afrika. 

Editor: Malika

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Antisipasi Arus Balik Pemudik ke Jakarta