BERITA

Landasan Bandara Syamsudin Noor Rusak, Pengelola Klaim Sudah Berulang Kali Cek

Landasan Bandara Syamsudin Noor Rusak, Pengelola Klaim Sudah Berulang Kali Cek

KBR, Jakarta - Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin sempat ditutup sementara lantaran perbaikan landasan. General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Handy Heryudhitiawan menjelaskan, perbaikan itu lantaran lapisan aspal terkelupas. Hal tersebut dinilai membahayakan keselamatan penumpang.

Ia pun memastikan, sejumlah maskapai langsung menerima informasi tersebut segera setelah penutupan bandara. Namun ia tak menampik jika kabar kerusakan landasan datang mendadak.

"Karena kondisi situasional kami kan sudah melakukan pengecekan 4 kali sehari. Dalam pengecekan tersebut semuanya masih normal dan bagus. Kemudian diinfokan oleh pesawat yang landing terakhir disampaikan bahwa ada runway yang terkelupas, kita cek saat itu juga dan kita perbaiki. Kita koordinasi di lapangan, kita koordinasi dengan kawan-kawan di maskapai. Semuanya kita disampaikan penutupan ini untuk keselamatan penerbangan bukan hal yang tiba-tiba kemudian tidak kita informasikan. Ini semua sudah kita koordinasikan dengan teman-teman di lapangan," jelas Handy kepada KBR, Sabtu (7/5).

Dia pun menambahkan, selama proses perbaikan ada lima penerbangan yang keberangkatannya ditunda. Sementara tiga penerbangan dialihkan ke Bandara Balikpapan. "Ada tiga Garuda dari Jakarta, Lion dari Jakarta dan Lion dari Yogya dialihkan ke Balikpapan. Dari darat ada lima penerbangan yang tertunda keberangkatannya, Lion ke Surabaya, Garuda ke Balikpapan, Lion ke Semarang, Lion ke Surabaya dan Lion ke Jakarta," ia memerinci.

Meski begitu, dia mengklaim perbaikan landasan berlangsung lebih cepat dari estimasi waktu penyelesaian. "Kami rencana menutup bandara sampai jam 17.50  (WITA) tetapi kita sudah selesai jam 17.15 (WITA) dan sudah ada pesawat yang take off," ujarnya.

Pengalihan Mendadak Sudah Risiko

Sementara itu, Maskapai Garuda Indonesia mengaku menerima pemberitahuan dari pengelola Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin setengah jam sebelum bandara ditutup. Penutupan bandara rencana dimulai pukul 13.50 hingga 17.50 WITA. Juru bicara Garuda Indonesia Benny Butar-Butar mengatakan, kendati cukup mendadak, pihak Garuda menganggap hal tersebut merupakan bagian dari risiko. Kata dia, maskapai beberapa kali mengalami kejadian serupa.

“Itu bagi kita lebih pada dinamika di lapangan, jadi mau nggak mau kita maskapai memerlukan kesiapan dalam operasionalnya. Jika pemberitahuan itu mendadak kita akan sebisa mungkin memberitahukan juga kepada penumpang secepatnya, agar dapat dipahami oleh penumpang. Walaupun kadang-kadang ya kita merasa prihatin karena akan berdampak atau berpengaruh terhadap penerbangan. Tapi kalau dipahami lebih dalam lagi, ya itu adalah sebuah dinama, sebuah risiko yang harus ditangani dengan cepat” kata Benny kepada KBR, Sabtu (7/5).

Benny mengakui, pihak Garuda dirugikan dari sisi waktu dan bahan bakar atau avtur.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Garuda tidak perlu memberikan kompensasi kepada penumpang atas peristiwa ini, lantaran kata dia pengalihan bukan kesalahan dari maskapai.

Editor: Nurika Manan

  • landasan rusak
  • pengalihan penerbangan
  • Bandara Syamsudin Noor
  • garuda indonesia
  • Maskapai Garuda Indonesia
  • Angkasa Pura I
  • Benny Butar Butar

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!