Gajah Yani Mulai Diotopsi, Kebun Binatang Bandung Ditutup

Jika gajah Yani meninggal karena virus atau penyakit, kemungkinan semua satwa hidup di KB Tamansari Bandung akan diperiksa.

BERITA , NUSANTARA

Kamis, 12 Mei 2016 10:41 WIB

Author

Arie Nugraha

Gajah Yani Mulai Diotopsi, Kebun Binatang Bandung Ditutup

Gajah Sumatera bernama Yani terbaring sakit di Kebun Binatang Bandung, Jawa Barat, Rabu (11/5) sebelum akhirnya meninggal. Saat sakit, Yani dirawat seadanya oleh pengelola kebun binatang, karena tidak

KBR, Bandung - Kebun Binatang Tamansari Bandung dinyatakan ditutup untuk umum pada hari ini, akibat adanya pemeriksaan medis mayat gajah Sumatera bernama Yani, yang mati Rabu (11/5/2016) kemarin.

Pemeriksaan medis dilakukan untuk mengetahui penyebab kematian gajah Sumatera (Elephas Maximus Sumatrensis) itu. Pemeriksaan dimulai Kamis (12/5/2016) pukul 7 WIB dan membutuhkan waktu hingga enam jam.

Kepala Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat, Sylvana Ratina mengatakan pemeriksaan medis dilakukan oleh delapan dokter dari berbagai otoritas yang berwenang dan diketuai dokter senior dari Taman Safari Indonesia.

"Dokter Yohana dari Taman Safari Indonesia tadi kita angkat sebagai ketua tim. Kemudian beberapa dokter hewan dari Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat dan Kota Bandung, PKBI, RS Hewan Cikole serta Subang," kata Sylvana Ratina di Kebun Binatang Tamansari, Bandung, Kamis (12/5).

Kepala Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat, Sylvana Ratina mengatakan, penutupan kebun binatang ini untuk mengantisipasi lamanya proses pemeriksaan medis mayat gajah berusia 37 tahun ini.

Dia mengatakan, tim dokter akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh terhadap bangkai gajah, sebelum akhirnya melakukan otopsi atau pemeriksaan terhadap kematian yang diduga tidak wajar.

Pemeriksaan yang paling utama adalah mengambil contoh darah serta organ lainnya untuk mengetahui adanya virus penyakit.

BKSDA Jawa Barat menyatakan, jika diketahui terdapat virus ataupun penyakit pemicu kematian gajah, maka tidak menutup kemungkinan satwa hidup lain yang ada di Kebun Binatang Tamansari, Bandung, seluruhnya akan dilakukan pemeriksaan medis.

Editor: Agus Luqman 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10