Antrean di Pelabuhan Ketapang Menuju Bali Macet 7 Kilometer

Kendaraan-kendaraan itu teridentifikasi dari sejumlah kota di Pulau Jawa, seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Malang.

BERITA | NUSANTARA

Kamis, 05 Mei 2016 13:26 WIB

Author

Hermawan Arifianto

Antrean di Pelabuhan Ketapang Menuju Bali Macet 7 Kilometer

Kemacetan di kawasan Watu Dodol Banyuwangi Jawa Timur menuju pelabuhan Ketapang Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (5/5/2016). (Foto: ANTARA)

KBR, Banyuwangi - Antrean kendaraan yang hendak menyebrang ke Pulau Bali di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi Jawa Timur mengular mencapai tujuh kilometer.

Antrean didominasi mobil pribadi dan bus pariwisata yang terjadi sejak Rabu (4/5/2016) malam. Antrean panjang tersebut mengular dari Pelabuhan hingga wahana wisata Watudodol di Kecamatan Wongsorejo.

General Manager PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (PT ASDP) Ketapang Banyuwangi Muhammad Yusuf Hadi mengtaakan rata-rata kendaraan yang memadati pelabuhan itu mengangkut wisatawan rombongan pelajar dan pegawai.

Kendaraan-kendaraan itu teridentifikasi dari sejumlah kota di Pulau Jawa, seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Malang. Mereka hendak menikmati liburan panjang ke Pulau Dewata Bali.

Antrean panjang juga terjadi di tiga dermaga pelabuhan. Mereka sengaja mengantre di dermaga agar dapat segera masuk kapal feri. Lonjakan kendaraan mulai terjadi sejak Rabu malam pukul 21.00 WIB.

Untuk mengatasi tumpukan penumpang baik di dalam maupun di luar pelabuhan saat ini, PT ASDP mengintruksikan kepada seluruh operator kapal untuk mempercepat bongkar muat kapal. Namun tetap harus memperhatikan keselamatan dan kenyaman penumpang pada saat berlayar.

"Kita libatkan Satuan Lalu Lintas Polres dan Disub untuk mengatur. Kita juga menyiapkan kantong-kantong parkir, serta rekayasa lalulintas yang dimungkinkan untuk mengatasi kendala yang ada di jalan raya. Kita koordinasi selama 24 jam selama long weekend ini," kata Yusuf Hadi, Kamis (5/5/2016).

Muhammad Yusuf Hadi menambahkan, PT ASDP Ketapang menyiapkan 52 kapal untuk melayani penyebrangan Jawa–Bali pada musim libur panjang pekan ini.

Dari 52 armada kapal yang disiapkan, sebanyak 32 armada sudah beroperasi, baik di Dermaga MB Ponton dan di pelabuhan LCM Ketapang. Namun jika dirasa kurang PT ASDP akan menambah jumlah armada kapal yang beroperasi.

Editor: Agus Luqman
 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Cerdik Kelola THR

Kabar Baru Jam 8

Soal Kerumunan, Kegiatan Ibadah dan Ancaman Virus Covid-19 Varian Baru

Jihad itu Sebenarnya Apa Sih?