BERITA

Akses Jalan Lintas Barat Sumatera Terancam Putus

Akses Jalan Lintas Barat Sumatera Terancam Putus

KBR, Mukomuko - Akses Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Sumatera di Desa Panggung, Kecamatan Air Dikit, Mukomuko, Bengkulu terancam putus akibat tergerus air laut. Jalan nasional penghubung Provinsi Bengkulu dengan Kota Padang, Sumatera Barat itu merupakan salah satu jalan alternatif selama perjalanan mudik.

Warga Mukomuko, Indra menjelaskan, tanggul penahan gelombang pada jalan tersebut roboh. Sehingga, hampir dua meter bahu jalan runtuh dengan kondisi aspal yang pecah-pecah akibat gelombang laut tak tertahan. Kondisi ini, kata dia, membahayakan kendaraan yang melintas di sepanjang jalur lintas barat.

"Diperbaiki cepat tanggulnya kalau tidak habis jalan ini, sayang jalan ini baru dibangun jadi hancur lagi kan percuma jadinya, sudah dua meter lebih bahu jalan runtuh," kata Indra kepada KBR di Mukomuko, Sabtu (28/05).

Itu sebab, Indra berharap, baik pemerintah daerah maupun pusat segera memberikan solusi atas kerusakan jalan penghubung tersebut. Salah satunya, menurut dia, dengan memperbaiki tanggul pemecah dan penahan gelombang. Ini dilakukan supaya gelombang laut kuat yang menerpa jalan bisa ditangkal. Sebab jika tidak, ia khawatir akses Jalan Lintas Barat Sumatera terancam putus total.



Editor: Nurika Manan

  • mukomuko
  • Jalan Lintas Barat
  • sumatera barat
  • mudik
  • jalur alternatif mudik lebaran

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!