BERITA

Tiga Bocah SD Tewas Tenggelam di Banyumas

"Salah satu diantara tiga anak korban tewas tenggelam di Sungai Pasir Wangon, Banyumas, Jawa Tengah, Sendi Setyono adalah atlet catur berbakat. "

Muhamad Ridlo Susanto

Sutopo, ayah Bagus Susilo (10) menunjukkan foto tiga anak yang tewas tenggelam di Sungai Pasir, Wang
Sutopo, ayah Bagus Susilo (10) menunjukkan foto tiga anak yang tewas tenggelam di Sungai Pasir, Wangon. Foto: KBR/Ridlo Susanto

KBR, Banyumas – Tiga anak usia SD di Desa Parungkamal Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah tewas tenggelam di Sungai Pasir, Wangon, Selasa petang. Siang ini, ketiga bocah naas ini dimakamkan di Pemakaman Umum Desa Parungkamal. Ketiga bocah ini, Bagus Susilo (10), Wirayudha (11) dan Sendy (11) merupakan siswa SD Negeri 2 Parungkamal.

Sutopo, ayah salah satu korban, Bagus Susilo mengatakan Bagus bersama teman-temannya hendak berkunjung ke rumah neneknya di Wangon. Namun, entah kenapa mereka justru langsung menuju sungai tanpa mampir ke rumah neneknya. Lalu ketiga anak ini bermain di salah satu cekungan sungai sedalam 180 centimeter. Naas, ketiga anak ini tenggelam.

"Main ke rumah embahnya di Depok. Sama teman-temannya naik sepeda. Mbahnya lihat kaya si Bagus, tapi kok nggak mampir. Mereka langsung ke Sungai. Mbahnya juga tidak tahu kalau Bagus ke sungai. Biasanya mampir, soalnya di rumah ada jajanan tapi ini tidak mampir. Tahu-tahu ada yang mengabari kalau Bagus tenggelam di sungai", ujar Sutopo, Rabu (20/5/2015)

Sutopo mengaku mendapat kabar menyedihkan ini sewaktu masih berada di Jakarta. Ia adalah karyawan bagian ekspedisi di sebuah perusahaan penyedia barang. Namun, saat menelpon keluarga, tidak ada satupun yang berterus terang bahwa Bagus telah meninggal. Sesampai di rumah, didapatinya anak keduanya ini telah meninggal. Kendati demikian, ia mengaku bisa menerima musibah ini.

Kepala Kepolisian Sektor Wangon, Supriyanto mengungkap sebenarnya ada lima anak yang bermain di sungai tersebut.  Mereka berkali-kali melompat dari bibir tebing ke sungai. Namun, setelah berkali-kali melompat, tiga anak diantaranya tidak muncul lagi ke permukaan. Usaha pertolongan sebenarnya sudah dilakukan oleh dua rekan lain yang ada di tempat yang sama. Namun karena terlalu dalam mereka tidak berhasil menolong ketiga korban. Korban baru berhasil dievakusi setelah rekan korban meminta perolongan ke penduduk yang tengah melintas. Sayang, ketiganya ditemukan tidak bernyawa. 

 Salah satu diantara tiga anak korban tewas tenggelam di Sungai Pasir Wangon, Banyumas, Jawa Tengah, Sendi Setyono adalah atlet catur berbakat. Berkali-kali ia, siswa SD Negeri 2 Parungkamal ini mewakili sekolah dalam kompetisi catur mulai antar sekolah hingga setaraf kabupaten. 

Kepala SD Negeri 2 Parungkamal, Sukiswanto mengatakan Sendi juga memiliki prestasi akademik yang cukup bagus. Terbukti, dia selalu masuk 10 besar di kelasnya. Selain itu, siswa kelas 5 SD ini juga rajin mengikuti ektrakurikuler pramuka yang dilakukan rutin tiap Jumat sore. Kegiatan lain yang juga dilakukan Sendi, seperti juga anak sebayanya, adalah mengaji yang dilakukan tiap malam. Sendi Setyono merupakan anak tunggal pasangan Rahayu dan Supangat, warga Desa Parungkamal.

Editor: Malika

  

  • bocah tenggelam
  • 3 bocah tenggelam
  • 3 bocah banyumas tenggelam

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!