BERITA

Tiang Bendera Kesultanan Kutaringin Berusia 204 Tahun, Roboh

"Tiang bendera Kesultanan Kutaringin atau Tiang Sangga Buana depan Istana Kuning, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) roboh dan patah menjadi empat bagian."

 Prasasti tempat berdirinya Tiang Sangga Buana. Tiang bendera Kesultanan Kutaringin yang berdiri sej
Prasasti tempat berdirinya Tiang Sangga Buana. Tiang bendera Kesultanan Kutaringin yang berdiri sejak 1811 ini roboh, Rabu (27/5/2015) pagi sekitar pukul 05.00 WIB (Foto KBR: Alex Gunawan)

KBR, Pangkalan Bun- Tiang bendera Kesultanan Kutaringin atau lazim disebut Tiang Sangga Buana yang terletak di depan Istana Kuning, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) roboh dan patah menjadi empat bagian, Rabu (27/5/2015) pagi sekitar pukul 05.00. Tiang kayu ulin berusia 204 tahun itu memang disakralkan warga Kabupaten Kotawaringin. 

Menurut Salamah Putri seorang saksi mata mengatakan pagi itu cuaca tenang, tidak ada hujan atau angin kencang. Namun tiba-tiba saja, tiang kayu ulin itu roboh dan menimpa warung di sebelah rumahnya.


"Ya (roboh) tadi pagi jam lima, padahal tidak ada angin tidak ada hujan," kata Salamah saat dibincangi KBR di kediamannya, Selasa (27/5/2015).


Patahan tiang bendera tersebut, kata Putri, langsung dibawa kerabat kesultanan ke dalam Istana Kuning.  Akibat peristiwa ini, seluruh kerabat kesultanan dan tokoh masyarakat Kobar rencananya bakal berkumpul di Istana Kuning malam ini.

Editor: Dimas Rizky

  • Tiang Sangga Buana
  • Tiang bendera Kesultanan Kutaringin
  • Kotawaringin

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!