BERITA

Rumah Aman Mesti Dibangun di Tiap Kabupaten

Khusnul Khotimah

Pemerhati Anak, Seto Mulyadi atau Kak Seto. Foto: Antara
Pemerhati Anak, Seto Mulyadi atau Kak Seto. Foto: Antara

KBR, Jakarta- Pemerhati anak, Seto Mulyadi atau Kak Seto meminta pemerintah segera membangun Rumah Aman di berbagai daerah untuk menyelamatkan anak yang terlantar. Kak Seto mengatakan di setiap kota/ kabupaten minimal tiga hingga empat Rumah Aman. Kata dia, banyak sumber dana yang bisa digunakan untuk membangun Rumah Aman, seperti dana CSR, dari rampasan rumah koruptor yang disita oleh negara.

“Ini kan kebetulan ada rumah aman yang memang bagus tempatnya, fasilitasnya. Tapi coba ke Jakarta Selatan, Tangerang, Bekasi, mana ada seperti itu?. Jadi mohon amanat Undang-Undang segera dibangun Rumah Aman, “kata Pemerhati anak Seto Mulyadi atau Kak Seto di Mabes Polri.

Terkait, kelima anak yang diterlantarkan orang tuanya di Cibubur, Jakarta Timur, Kak Seto menyarankan agar mereka tetap ditempatkan di Rumah Aman hingga kasusnya jelas. Diketahui, selain terkait kasus penelantaran, orang tua kelima anak ini juga terjerat kasus narkoba. Dalam penggeledahan yang dilakukan Polisi, ditemukan narkotik jenis sabu. 

Selain kejelasan terkait kasus orang tuanya, tim psikolog juga masih perlu mendalami bagaimana kerabatnya. Apakah mampu atau tidak serta apakah memiliki watak yang sama dengan orang tua kelima anak ini sebelum menyerahkan hak asuh. 

Editor: Malika

  • rumah aman
  • anak terlantar
  • seto mulyadi
  • kasus penelantaran anak
  • kak seto

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!