BERITA

Program Sejuta Rumah Murah, Kalimantan Timur Dapat 2.500 unit

"Dari program sejuta rumah murah seluruh Indonesia yang dicanangkan Pemerintah Pusat tahun ini, Kalimantan Timur mendapatkan 2.500 unit. "

Teddy Rumengan

Ilustrasi/KBR
Dari program sejuta rumah murah seluruh Indonesia yang dicanangkan Pemerintah Pusat tahun ini, Kalimantan Timur mendapatkan 2.500 unit.

KBR, Balikpapan- Dari program sejuta rumah murah seluruh Indonesia yang dicanangkan Pemerintah Pusat tahun ini, Kalimantan Timur mendapatkan 2.500 unit. Dari jumlah itu Kota Balikpapan mendapat 1.244 unit yang terdiri dari 956 rumah tapak dan 288 rusunawa.

Kepala Bidang Perumahan Dinas Tata Kota dan Pemukiman Kota Balikpapan Parto mengatakan, program tersebut, memberikan keringanan DP (down payment) dari 30 persen menjadi hanya 10 persen. Selain itu kata dia, mendapat bantuan uang muka sebesar Rp 4 juta, juga ada insentif lain berupa penurunan suku bunga kredit perumahan rakyat (KPR) dari biasanya 7,5 persen menjadi 5 persen berlaku hingga masa kredit selama 20 tahun. 

Dia menjelaskan, harga masing-masing rumah murah tersebut berkisar Rp 115 juta hingga Rp 155 juta, dengan uang muka sekitar Rp 10 juta dan angsuran mulai dari Rp 600 ribu hingga Rp 900 ribu.

"Itu program pembangunan rumah sejahtera, jadi rumah RSS (rumah sangat sederhana) kalau dulu namanya, bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Dengan harga jual kisaran Rp 115 juta samapai Rp 155 juta. Untuk Kalimantan Timur itu kan ditarget kurang lebih 2.500 unit, untuk Balikpapan sekitar 1.000 unit," kata Parto, Jumat (1/5).


Parto menambahkan, masyarakat yang bisa membeli rumah tersebut, untuk rumah tapak meereka yang bergaji maksimal Rp 4 juta dan rusunawa maksimal bergaji Rp 7 juta, termasuk pegawai negeri sipil (PNS) maupun pegawai swasta.


Pemerintah Kota Balikpapan telah menyiapkan sejumlah pengembang untuk membangun rumah murah tersebut diantaranya Bukit Batakan Permai 400 unit, Graha Poltekba 200 unit, Batu Ratna Indah 100 unit, PGRI Residence 56 unit Nusantara Lestari 200 unit.


Empat tahun lalu, sebenarnya dari program sejuta rumah Balikpapan juga kebagian 1.000 unit rumah yang merupakan program Menteri Perumahan Rakyat. Animo masyarakat pun sangat tinggi sehingga yang mendaftar justru mencapai 5 ribu kepala keluarga, namun justru dua tahun terakhir, program itu hilang.

Editor: Dimas Rizky

  • #perumahan
  • #Rumah balikpapan
  • #Rumah murah

Komentar (2)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • nurdyana9 years ago

    gimana caranya kalau Mau daftar? klaw wil samarinda di daerah mana?

  • wanty8 years ago

    Mau daftar program 1000 rmh jokowi,d balikpapan mau tahu informasi ny d mna ya??syrat2 nya apa?