Museum Sribaduga Bandung Restorasi Ventilasi Masjid Abad 19

Keberadaan ventilasi tersebut diduga merupakan peninggalan masuknya ajaran Islam di Pulau Jawa.

BERITA , NUSANTARA , NUSANTARA

Kamis, 28 Mei 2015 14:10 WIB

Author

Arie Nugraha

Museum Sribaduga Bandung Restorasi Ventilasi Masjid Abad 19

Petugas museum tengah melakukan pembersihan bingkai ventilasi masjid abad ke 19 di ruang restorasi Museum Sribaduga, Jalan Peta, Bandung, Kamis (28/5). Bingkai ventilasi tersebut bermotif kaligrafi ya

KBR, Bandung - Museum Sribaduga Bandung melakukan perbaikan ulang atau restorasi bingkai ventilasi pintu masjid abad ke 19. Bingkai ventilasi tersebut bermotif kaligrafi dengan ukuran panjang lebih dari 78 sentimeter dan lebar lebih dari 60 sentimeter. 

Menurut Kepala Seksi Perlindungan Museum Sribaduga, Nita Juanita, bingkai ventilasi kaligrafi masjid ini diperoleh dari seorang warga di daerah Cirebon, Jawa Barat.

"Penuturan pemiliknya dulu, ini berasal dari sebuah masjid. Ventilasi di atas pintu asalnya dari daerah Majalengka. Tetapi kalau dilihat tata desainnya, itu terdapat pengaruh-pengaruh dari budaya Cina Cirebon. Kan Cirebon kental dengan pengaruh-pengaruh budaya Cina," ujarnya kepada KBR di Museum Sribaduga, Jalan Peta, Bandung. 

Nita menambahkan, barang peninggalan yang diduga memiliki sejarah masuknya Agama Islam ke pulau Jawa tersebut, saat ini sedang diteliti kembali asal usulnya.

Saat ini Museum Sribaduga Bandung melakukan perbaikan ulang atau restorasi bingkai ventilasi pintu masjid abad ke-19. Keberadaan ventilasi tersebut diduga merupakan peninggalan masuknya ajaran Islam di Pulau Jawa. 

Editor: Citra Dyah Prastuti 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.