Lima Anak yang Ditelantarkan Jalani Pemeriksaan di RSCM

Pemeriksaan ini untuk mengetahui apakah kelima anak tersebut mengalami kekerasan.

BERITA | NUSANTARA

Senin, 18 Mei 2015 15:46 WIB

Author

Khusnul Khotimah

Ilustrasi. Kekerasan terhadap anak. Foto: Antara

Ilustrasi. Kekerasan terhadap anak. Foto: Antara

KBR, Jakarta- Kelima anak yang ditelantarkan orang tuanya di Cibubur Jakarta Timur hari ini menjalani pemeriksaan fisik dan psikologi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Heru Pranoto mengatakan pemeriksaan ini untuk mengetahui apakah kelima anak tersebut mengalami kekerasan. Jika ada, hasilnya akan digunakan sebagai alat bukti bagi penyidik dalam gelar perkara. 

“Apabila ternyata bukti-bukti ini cukup, maka akan kita tingkatkan ke proses penyidikan.Walaupun di KUHAP menyatakan dua alat bukti, kita minimal tiga alat bukti. Kalau tiga alat bukti terpenuhi maka kita akan menetapkan seseorang itu sebagai tersangka, “kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Heru Pranoto di Mabes Polri, Senin (18/5/2015). 

Sejumlah alat bukti yang sudah dikantongi polisi untuk menjerat kedua orang tua yang menelantarkan kelima anaknya ini antara lain keterangan para saksi dan laporan dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Para saksi ini misalnya dari masyarakat sekitar. Heru menambahkan, saat ini kondisi psikologi kelima anak ini sudah jauh lebih tenang dan merasa nyaman berada di Rumah Aman mitra KPAI. 

Editor: Dimas Rizky

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Pemerintah akan Evaluasi Peningkatan Serapan Anggaran

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17