Kementan Janji Libatkan Masyarakat Lokal

Setengah dari total kampung sudah akrab dengan padi.

BERITA | NUSANTARA

Jumat, 15 Mei 2015 17:06 WIB

Author

Rio Tuasikal

Kementan Janji Libatkan Masyarakat Lokal

Ilustrasi (Foto: Antara)

KBR, Jakarta- Balitbang Kementan berjanji melibatkan petani lokal Merauke dalam program Lumbung Beras Merauke. Petani akan bertugas mengembangkan inti plasma.

Kepala Balitbang Kementan, Haryono, mengatakan  penduduk lokal Merauke sudah akrab dengan teknik penanaman padi. Mereka bahkan bisa mempelajari mekanisasi pertanian dengan cepat. Di samping itu, ada juga petani pendatang yang sudah terlatih.

"Jadi penduduk lokalnya itu terbiasa menanam padi," jelas Haryono di Balitbang Kementan, Jakarta, Jumat (15/5/2015) sore,

"Dari 160 kampung, 100 di antaranya kampung lokal, dan 80 persen dari itu sudah berbudaya menanam padi. Jadi aman, nggak masalah," paparnya.

Haryono berjanji akan melatih petani lokal Merauke agar produktivitasnya mampu bersaing dengan petani pendatang. Teknologi pertanian terbaru juga akan gencar diperkenalkan pada petani.

Kementan mengklaim belum mendapatkan penolakan dari warga. Namun, pemerintah Kabupaten Merauke dan Provinsi Papua terus mendekati tokoh adat supaya pembebasan lahan bisa berlangsung lancar.

Editor: Dimas Rizky

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17