Kasus Kepsek Retno, FSGI Beri Pelatihan Anggotanya

Agar para guru bisa melakukan pembelaan diri jika tertimpa kasus yang sama dengan Retno Listyarti.

BERITA | NUSANTARA

Senin, 18 Mei 2015 15:50 WIB

Author

Iriene Natalia

Kasus Kepsek Retno, FSGI Beri Pelatihan Anggotanya

ilustrasi Guru

KBR, Jakarta - Federasi Serikat Guru Independen (FSGI) akan memberi pelatihan pada para guru anggota FGSI di seluruh Indonesia. Menurut Anggota Dewan Pertimbangan FGSI, Doni Kusuma, langkah itu diambil agar para guru bisa melakukan pembelaan diri jika tertimpa kasus yang sama dengan Sekjen FSGI, Retno Listyarti. Bekas Kepala Sekolah SMA Negeri 3 itu diduga dicopot secara tidak wajar oleh Dinas Pendidikan. Terkait kasus yang menimpa Retno, Doni mengaku sudah memberikan bantuan hukum padanya.

"FSGI sebagai organisasi guru independen melatih, mendidik, dan menyosialisasikan pada seluruh anggota FSGI di Indonesia akan hak dan kewajibannya sehingga ketika ada delik hukum seperti dialami Ibu Retno, mereka bisa membela diri. Kalau kejadian seperti Retno dibiarkan nanti organisasi guru di daerah akan mudah ditekan oleh kepala dinas yang lebih mementingkan emosi atau perasaan daripada taat pada aturan hukum," kata Doni kepada KBR, Senin (18/5/2015).

Sebelumnya, Retno Listyarti diberhentikan sebagai Kepala SMA Negeri 3 Jakarta, 7 Mei lalu, dan memindahkannya sebagai guru di SMA Negeri 13 Jakarta. Alasannya, Retno meninggalkan sekolah saat ujian nasional berlangsung dan menganggap lebih mementingkan Federasi Serikat Guru Indonesia tempat Retno menduduki jabatan sekretaris jenderal. 

Editor: Malika

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Menunggu Sanksi Aparatur Tak Netral di Pilkada