BERITA

IOM Belum Bisa Pastikan Sampai Kapan Pengungsi Rohingya Berada di Aceh

"Lembaga dunia yang bertugas menjamin kebutuhan pengungsi tersebut masih terus melakukan koordinasi dengan imigrasi dan UNHCR terkait kejelasan nasib mereka."

Erwin Jalaludin

Ayah dan anak pengungsi Rohingnya di Kabupaten Aceh Utara. Foto :  KBR/ Erwin Jalaluddin
Ayah dan anak pengungsi Rohingnya di Kabupaten Aceh Utara. Foto : KBR/ Erwin Jalaluddin

KBR, Lhokseumawe – International Organization for Migration (IOM) menyatakan belum dapat memastikan sampai kapan pengungsi Rohingnya ditempatkan dibarak penampungan sementara di Provinsi Aceh. Lembaga dunia yang bertugas menjamin kebutuhan pengungsi tersebut masih terus melakukan koordinasi dengan  imigrasi dan United Nations High Comissioner for Refugees (UNHCR) terkait kejelasan nasib imigran asal Bangladesh dan Myanmar.

Perwakilan IOM , Haris mengatakan, pihaknya sudah menurunkan tim dilokasi untuk mengatasi kebutuhan pengungsi. Kata dia, tidak diketahui kapan misi kemanusiaan ini akan berakhir, karena harus menunggu laporan lebih lanjut dari UNHCR dan Imigrasi.

” Kami juga belum tahu, sampai kapan mereka (rohingnya-red) berada disini. Dan, kebutuhan-kebutuhan lain apa lagi yang diperlukan untuk para warga negara tersebut selama keberadaanya di Aceh, Kami sudah sempat berdikusi bersama-sama kemarin, ” kata Haris dalam rapat koordinasi dengan unsur terkait di Meuligoe Pendopo Bupati Aceh Utara, Selasa (26/5/2015).

Sebelumnya seribuan pengungsi rohingnya ditemukan terdampar di Kabupaten Aceh Utara dan Aceh Timur. Selain didominasi kalangan dewasa dan remaja juga banyak diantara imigran tersebut berstatus anak dibawah umur.

Editor: Malika

  • pengungsi Rohingya
  • Rohingya
  • Bangladesh
  • Myanmar

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!