BERITA

Harga Kebutuhan Pokok di Yogya Naik Hingga Tiga Kali Lipat

"Hal tersebut mengagetkan pedagang, karena mereka memprediksikan kenaikan baru akan terjadi pertengahan Juni atau mendekatai Ramadhan."

Harga Kebutuhan Pokok di Yogya Naik Hingga Tiga Kali Lipat
Ilustrasi pedagang sayur. Foto: Antara

KBR, Yogyakarta - Harga sayuran seperti bawang merah, bawang putih dan cabai hijau besar di Yogyakarta mulai merangkak naik hingga Rp35 ribu per kilogram. Pedagang sayur di Pasar Kranggan Yogyakarta Sri Hartati mengatakan, hal itu mengagetkan pedagang, karena mereka memprediksikan kenaikan baru akan terjadi pertengahan Juni atau mendekati Ramadhan

"Sudah tiga hari ini naik bawang merah dan cabai besar hijau, hari ini bawang merah sudah naik 10 ribu sedangkan cabai hijau naik 8 ribu," ujar perempuan yang telah 8 tahun berjualan di Pasar Kranggan tersebut, Selasa (26/5/2015).


Menurut mereka, kenaikan harga ini disebabkan stok tipis mengingat petani baru mulai menanam pada Juni nanti. Kenaikan yang cukup tajam itu membuat pedagang merugi lantaran menurunnya jumlah pembeli. Kenaikan diprediksi akan terus terjadi hingga Ramadhan mendatang.

Selain harga bawang merah yang mulai naik, harga bawang putih juga naik Rp 7 ribu menjadi Rp 24 ribu per kilogram, harga cabai hijau besar Rp sebelumnya Rp 12 ribu menjadi Rp 20 ribu per kilogram. Sedangkan cabai rawit menjadi Rp 20 ribu dari harga sebelumnya Rp 15 ribu per kilogram.


Editor: Damar Fery Ardiyan

  • Harga
  • Naik
  • Yogyakarta
  • Sayur
  • Pasar

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!