BERITA

Disorot, Balon Perorangan Beri Uang Untuk Galang KTP

"Satu lembar foto copyan KTP, ada yang dihargai Rp 1.000 sampai dengan Rp 10 ribu. "

Disorot, Balon Perorangan Beri Uang Untuk Galang KTP
Arif Agung Kholili membeberkan keluhannya terkait penggalangan foto copy KTP oleh calon perseorangan. Foto: Musyafa KBR

KBR, Rembang– Pengumpulan foto copy KTP untuk dukungan calon independen di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah diwarnai pemberian uang kompensasi kepada pemilih. Ketua Desk Pilkada PKB Kabupaten Rembang, Arif Agung Kholili menuturkan satu lembar foto copyan KTP, ada yang dihargai Rp 1.000 sampai dengan Rp 10 ribu. Selain itu, aksi penggalangan diduga melibatkan kepala desa. Ia khawatir tahap berikutnya akan semakin tidak sehat.

“Ada yang pake Rp 1.000 setiap KTP, ada pula yang Rp 10 ribu. Nah itu lho, proses pengawasan sebelum atau pra verifikasi. Nah kalau sekarang saja tidak jernih, saya khawatir itu saja kuncinya. Agar publik ikut peduli mengawasi, “ ungkapnya kepada KBR, hari Rabu (27/5/2015).

Juhri, dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sedan menjelaskan sering kali saat meminta foto copy KTP pemilih, tim sukses jarang berkata jujur. Warga justru mengira akan memperoleh bantuan.

“Orang desa kalau dimintai KTP, tahunya akan dapat bantuan. Jangan sampai ada satu pemahaman bahwa nanti KTP saya akan mendapatkan sekian ribu rupiah, “ jelasnya.

Komisioner KPU Kabupaten Rembang, Muhammad Adib Ulin Nuha menegaskan jumlah minimal dukungan calon perseorangan 45.942. Pertengahan bulan Juni nanti akan diverifikasi. Kalau pemilih merasa tidak mendukung, harus menandatangani surat keberatan.

Editor: Malika

 

  • KTP
  • Rembang
  • Pilkada
  • tim sukses
  • Kecurangan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!