Dinkes Kotawaringin Barat Usul Tes HIV Wajib

Kepala Dinkes Kobar, Indrawan Sakti mengklaim upaya ini tidak melanggar hak asasi manusia (HAM).

BERITA | NUSANTARA | NUSANTARA

Rabu, 13 Mei 2015 08:30 WIB

Author

Alex Gunawan

Dinkes Kotawaringin Barat Usul Tes HIV Wajib

AIDS

KBR, Kotawaringin Barat - Meningkatnya jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah membuat Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat mengusulkan uji wajib (mandatory test) HIV/AIDS terutama terhadap warga penghuni lokalisasi dan kawasan rawan lainnya. Kepala Dinkes Kobar, Indrawan Sakti mengklaim upaya ini tidak melanggar hak asasi manusia (HAM) karena untuk kepentingan masyarakat yang lebih luas. Sebab apabila tidak diterapkan segera, maka besar kemungkinan jumlah pengidap HIV/AIDS di Kobar terus bertambah.

"Saya berbicara ini karena saya bukan orang hukum ya, tapi itu suatu kewajiban untuk melindungi masyarakat lain untuk melindungi masyarakat lain, di Indonesia harus ditegakkan (mandatory test)," tegas Indra saat berbincang dengan KBR di kantornya, Selasa, 12 Mei 2015.

Indra mengaku pernah menyampaikan usulan itu kepada Menteri Kesehatan, Nila F. Moeloek saat pertemuan KPAI Kalteng. Menurut Indra, hak orang per orang itu tidak bisa lebih tinggi dari hak asasi masyarakat banyak.

Test HIV/AIDS wajib ini memang banyak dikritik aktivis HAM. Sebab menurut mereka, test semacam itu harus atas keinginan pribadi, bukan diwajibkan atau dipaksakan pemerintah.


Editor: Damar Fery Ardiyan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

KPK akan Mati Suri, Jokowi Didesak Keluarkan Perpu