BERITA

Balikpapan Ajak Kota Lain Cinta lingkungan

Balikpapan Ajak Kota Lain Cinta lingkungan
Banjir Balikpapan. Foto: Antara

KBR, Jakarta- Walikota Balikpapan, Rizal Effendi mengajak kota-kota lain di Kalimantan untuk memperhatikan aspek lingkungan dalam kelanjutan pembangunan. Kota Balikpapan dinobatkan sebagai kota paling dicintai di dunia dalam kampanye We Love Cities. Kotanya, kata dia menerapkan komposisi luas lahan yang pro lingkungan. Yakni 48 persen lahan diizinkan dibangun, dan 52 persen lahan dilarang dibangun.


“Kita sudah belajar di beberapa daerah di Kalimantan, bahwa penambangan batubara tidak mengarah pada kelestarian lingkungan bahkan membentuk kota-kota hantu. Daerah-daerah yang sekarang seram berlubang-lubang," kata Walikota Balikpapan, Rizal Effendi kepada KBR (11/5/2015).


Penghargaan We Love Cities merupakan bagian dari program WWF’s Earth Hour City Challenge 2015 yang digelar di Seoul, Korea Selatan. Balikpapan memiliki kebun raya yang sangat luas sekira 300 hektar. Balikpapan juga tidak memberikan izin penambangan batu bara. Bahkan Pemkot Balikpapan meminta agar pemerintah pusat tak membuka peta potensi batubara di wilayahnya, supaya tidak memancing keinginan orang untuk melakukan penambangan. Balikpapan juga mengelola sampah dengan baik dengan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) adalah yang terbaik di Indonesia.  

Editor: Dimas Rizky

  • Balikpapan
  • We love Cities
  • Kota Paling Dicintai
  • WWF
  • lingkungan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!