BERITA

Antisipasi Inflasi, Pemda Bali Bentuk Resi Gudang Gabah

"Pemerintah Bali membentuk resi gudang gabah, untuk mengantisipasi turunnya harga gabah petani saat musim panen. "

Julius Martoni

Antisipasi Inflasi, Pemda Bali Bentuk Resi Gudang Gabah
Gabah kering (Foto: Antara)

KBR, Bali- Pemerintah Bali membentuk resi gudang gabah, untuk mengantisipasi turunnya harga gabah petani saat musim panen. Nantinya, satu resi gudang atau tempat penyimpanan gabah akan mampu menampung 20 ton gabah petani. Wakil gubernur Bali, Ketut Sudikerta mengatakan resi gudang itu disiapkan di 5 kabupaten penghasil padi seperti di kabupaten Tabanan, Badung dan Jembrana. Pemerintah menganggarkan dana Rp29 milyar untuk pembangunan resi gudang itu.

"Kedepan itu agar tidak terulang lagi nilai gabah yang fluktuatif nilai gabah yang mengakibatkan inflasi berlebihan di Bali ini. Kita ingin inflasi turun dibawah rata-rata nasional," ujarnya Senin, (04/05).


Sudikerta menambahkan pemerintah daerah akan membeli gabah petani saat musim panen agar gabah tidak langsung lepas kepasaran. Pasalnya, meskipun provinsi Bali
mengalami surplus beras, namun tetap mengalami dampak kenaikan harga disebabkan gabah petani yang langsung dijual ke pasar. Pemda juga menyiapkan bibit unggul untuk para petani.

Editor: Dimas Rizky

  • pertanian
  • padi
  • panen
  • gabah

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!