Antisipasi Inflasi, Pemda Bali Bentuk Resi Gudang Gabah

Pemerintah Bali membentuk resi gudang gabah, untuk mengantisipasi turunnya harga gabah petani saat musim panen.

BERITA , NUSANTARA

Senin, 04 Mei 2015 17:32 WIB

Author

Julius Martoni

Antisipasi Inflasi, Pemda Bali Bentuk Resi Gudang Gabah

Gabah kering (Foto: Antara)

KBR, Bali- Pemerintah Bali membentuk resi gudang gabah, untuk mengantisipasi turunnya harga gabah petani saat musim panen. Nantinya, satu resi gudang atau tempat penyimpanan gabah akan mampu menampung 20 ton gabah petani. Wakil gubernur Bali, Ketut Sudikerta mengatakan resi gudang itu disiapkan di 5 kabupaten penghasil padi seperti di kabupaten Tabanan, Badung dan Jembrana. Pemerintah menganggarkan dana Rp29 milyar untuk pembangunan resi gudang itu.

"Kedepan itu agar tidak terulang lagi nilai gabah yang fluktuatif nilai gabah yang mengakibatkan inflasi berlebihan di Bali ini. Kita ingin inflasi turun dibawah rata-rata nasional," ujarnya Senin, (04/05).

Sudikerta menambahkan pemerintah daerah akan membeli gabah petani saat musim panen agar gabah tidak langsung lepas kepasaran. Pasalnya, meskipun provinsi Bali mengalami surplus beras, namun tetap mengalami dampak kenaikan harga disebabkan gabah petani yang langsung dijual ke pasar. Pemda juga menyiapkan bibit unggul untuk para petani.

Editor: Dimas Rizky

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Eps.2: Kuliah di UK, Cerita dari Rizki Putri Part 2

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17