Warga Surabaya Tolak Perdagangan Bebas

KBR68H, Surabaya - Puluhan warga yang tergabung dalam Komite Bersama Rakyat (KOBAR) menggelar aksi demo di depan kantor walikota.

NUSANTARA

Selasa, 20 Mei 2014 19:39 WIB

Author

Eko Widodo

Warga Surabaya Tolak Perdagangan Bebas

surabaya, perdagangan, bebas

KBR, Surabaya - Puluhan warga yang tergabung dalam Komite Bersama Rakyat (KOBAR) menggelar aksi demo di depan kantor walikota. Aksi tersebut dilakukan untuk meminta agar pemerintah membatalkan rencana perdagangan bebas dan penghentian pemberlakuan ACFTA.

Koordinator aksi Andie Peci menuturkan, memperingati hari  Kebangkitan Nasional  mereka menuntut kepada pemerintah untuk menghentikan perjanjian ASEAN - CHINA Free Trade Agreement/ ACFTA.

ACFTA menjadi ancaman serius bagi para buruh karena dikhawatirkan produk-produk dalam negeri nantinya kalah bersaing dengan produk-produk  asal Tiongkok yang semakin membanjiri pasar domestik. Jika sekarang saja produk asal Tiongkok sudah membanjiri pasar domestic, maka dengan pemberlakukan ACFTA, produk dalam negeri tidak akan laku untuk dijual lagi.

Pemerintah harus mengantisipasi hal ini mengingat pemberlakuan ACFTA justru menyengsarakan para buruh. Pihaknya memperkirakan ACFTA akan berdampak pada Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) para buruh.

“Hentikan perjanjian ACFTA, ini akan merugikan rakyat Indonesia. Nasib rakyat semakin suram, karena produk Indonesia kalah bersaing dengan produk asal Tiongkok,” jelasnya usai menggelar aksi, selasa (20/5).

Andie menambahkan bahwa dalam pemberlakuan ACFTA negara China telah mempersiapkan secara matang dan sistemik. Selain itu produk - produk asal Tiongkok sangat kompetitif karena mengoptimalkan pasar dalam negeri mereka.


Editor: Luviana

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kiat Menjalani Isolasi Mandiri bagi Remaja Terinfeksi COVID-19

Bantu Sesama di Masa Pandemi

Kabar Baru Jam 8

Demi Oksigen Somasi Dilayangkan