NUSANTARA

Tim SAR Evakuasi 2 Pendaki Gunung Raung yang Terluka

Tim SAR Evakuasi 2 Pendaki Gunung Raung yang Terluka

KBR, Banyuwangi - Dua pendaki asal Solo, Jawa Tengah, yang mengalami kecelakaan di Gunung Raung, Banyuwangi Jawa Timur, akhirnya berhasil dievakuasi oleh Tim SAR gabungan. Keduanya adalah adalah Purwadi dan Ujang Muhyadi.

Juru Bicara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, Eka Muharram mengatakan, satu pendaki yaitu Purwadi sudah dibawa ke Puskesmas Kalibaru sejak Kamis malam (29/5). Sedangkan Ujang Muhyadi berhasil dievakuasi Jumat pagi (30/5).

“Satu sudah kemarin ya dievakuasi sekarang ada di rawat inap Puskesmas Kalibaru atas nama Purwadi. Satu lagi Ujang Muhyadi ya itu sekarang dalam perjalanan menuju puskesmas. Jadi kemarin yang Purwadi sampai mengalami beberapa jahitan memang kondisinya lemah memang betul ya karena pendarahan,”kata Eka Muharram kepada KBR (30/5).

Menurut Eka, Purwadi mengalami luka di bagian kening akibat terjatuh. Meski begitu kondisi kedua pendaki ini masih keadaan sadarkan diri dan mampu bertahan hingga dievakuasi oleh Tim SAR gabungan.

Dua dari 10 pendaki asal Solo Jawa Tengah jatuh pada saat pendakian Gunung Raung. Mereka sebagian besar berasal dari Universitas Muhammadiyah Surakarta. Akibat insiden itu para pendaki kesulitan untuk turun. Basarnas dari Jember dan Tim SAR dari Banyuwangi langsung bergerak mengevakuasi mereka sejak Rabu malam kemarin.

Gunung Raung yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso, Jember dan Situbondo statusnya waspada level II. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merekomendasikan tiga kilometer dari puncak gunung harus steril dari aktivitas pendakian.

Editor: Anto Sidharta

  • Tim SAR
  • Gunung Raung

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!