NUSANTARA

Suhu Kawah Gunung Ijen Masih Tinggi

"Aktivitas kegempaan Gunung Ijen di Banyuwangi, Jawa Timur saat ini masih tinggi. Kepala Pos Pantau Gunung Api Ijen, Bambang Heri Purwanto mengatakan tingkat kegempaan Gunung Ijen hingga kini masih naik turun."

Suhu Kawah Gunung Ijen Masih Tinggi
gunung ijen

KBR, Banyuwangi - Aktivitas kegempaan Gunung Ijen di Banyuwangi, Jawa Timur saat ini masih tinggi. Kepala Pos Pantau Gunung Api Ijen, Bambang Heri Purwanto mengatakan tingkat kegempaan Gunung Ijen hingga kini masih naik turun. 


Selain itu, suhu kawah juga masih tinggi. Berdasarkan pengamatan visual danau kawah Gunung Ijen telah mengeluarkan gelembung air di beberapa titik dan berubah warna.


“Amplitudo tremor meningkat, yang biasanya dua mili sampai saat ini mencapai enam sampai delapan mili. Bualan air di kawah itu bermunculan, ada beberapa titik. Jadi air danau itu memunculkan gelembung, akhirnya warna air danau menjadi keputihan,” ujar Bambang Heri Purwanto kepada KBR, Selasa, (6/5).


Bambang Heri Purwanto menambahkan, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) belum dapat menurunkan status Gunung Ijen, yaitu waspada level II. Ia meminta warga tidak mendekati jarak dengan radius satu kilometer dari kawah gunung. Aturan itu juga berlaku bagi penambang belerang dan wisatawan. 


Editor: Antonius Eko 


  • gunung ijen

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!