Siswi Nunukan Tidak Ikut UN SMP Karena Menikah

KBR, Nunukan

NUSANTARA

Senin, 05 Mei 2014 11:51 WIB

Author

Adhima Soekotjo

Siswi Nunukan Tidak Ikut UN SMP Karena Menikah

nunukan, un, siswi

KBR, Nunukan – 3 siswa perempuan di Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara dipastikan tidak mengikuti ujian tingkat SMP/MTs yang diselenggarakan mulai Senin (5/5) hari ini. Ketidakikutsertaan mereka dikarenakan dinikahkan oleh keluarga mereka.

Kepala Sekolah SMPN 2 Nunukan Gumolong Bonte mengatakan bahwa salah satu siswinya telah  mengundurkan diri 3 bulan lalu dengan alasan masalah keluarga. Namun ternyata mereka kemudian menikah.

“Ada siswi perempuan tidak ikut, lalu mengundurkan diri. Masalah keluarga, tidak melanjutkan lagi. Keluarga meminta mereka menikah, padahal sudah disarankan tapi mereka buat pernyataan sendiri bahwa anaknya mau berumah tangga,“ ujar Gumolong bonte kepada KBR di ruang kerjanya, Senin (5/5).

Selain 1 siswi di SMPN 2 Nunukan, 2 siswi SMPN 1 Kecamatan Lumbis juga tidak mengikuti ujian nasional dikarenakan alasan dikawinkan oleh orang tua mereka.

Hal tersebut membuat keprihatinan pihak sekolah, karena siswi tersebut masih berusia dini dan belum diperbolehkan menikah. Padahal semua anak seharusnya mempunyai hak untuk tetap menyelesaikan pendidikannya.


Editor: Luviana

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 15

Menguasai Manajemen Amarah

Kabar Baru Jam 7

Wacana Jokowi Presiden 3 Periode