PVMBG Evaluasi G.Slamet Meski Aktivitas Menurun

KBR, Jakarta - Status Gunung Slamet di Pemalang, Jawa Tengah hingga kini belum turun meski aktivitas gunung tersebut cenderung menurun.

NUSANTARA

Minggu, 04 Mei 2014 14:49 WIB

Author

Yudi Rahman

PVMBG Evaluasi G.Slamet Meski Aktivitas Menurun

gunung slamet, aktivitas, erupsi

KBR, Jakarta - Status Gunung Slamet di Pemalang, Jawa Tengah hingga kini belum turun meski aktivitas gunung tersebut cenderung menurun. Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG) Geologi Hendrasto mengatakan, lembaganya masih mengevaluasi penurunan aktivitas gunung tertinggi kedua di Jawa Tengah itu. Evaluasi dilakukan secara periodek sebelum menetapkan status baru Gunung Slamet. Dia meminta masyarakat dan pemerintah daerah setempat untuk tetap waspada. (Baca: Aktivitas Menurun, Status Gunung Slamet Tetap Waspada)

"Kondisi Gunung Slamet terkini? Ya dalam 2 hingga 3 hari ini sudah mulai berkurang, sudah agak menurun aktivitasnya, tetapi kita tidak bisa memutuskan penurunan status, nanti kita tunggu beberapa hari lagi, kalau memang turun, ya turun. Berarti masih dalam evaluasi? Ya nanti kita tunggu dalam beberapa hari ini, tetapi letusannya dan lava pijarnya masih ada," ucap Kepala PVMBG Hendrasto saat dihubungi KBR, Minggu (4/5).

Sebelumnya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menetapkan Gunung Slamet dengan status Siaga. Penetapan status siaga itu terkait meningkatnya kegempaan vulkanik di sekitar puncak dan terjadinya letupan lava pijar yang disertai dentuman keras.

Editor: Nanda Hidayat

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Rencana Pembentukan Komponen Cadangan Militer Tuai Polemik