Pemerintah Bali Desak Polisi Usut Kebocoran Soal UN

KBR, Bali

NUSANTARA

Jumat, 09 Mei 2014 17:50 WIB

Author

Yulius Martoni

Pemerintah Bali Desak Polisi Usut Kebocoran Soal UN

bali, UN, bocor

KBR, Bali – Pemerintah Provinsi Bali mendesak kepolisan mengusut dugaan kasus kebocoran soal Ujian Nasional  (UN) SMP. Salah satu kasus kebocoran soal terjadi di sejumlah SMP di Kabupaten Buleleng.

Wakil Gubernur Bali, I Ketut Sudikerta mengatakan informasi bocornya jawaban UN di Bali berpengaruh dengan situasi dunia pendidikan di Bali. Ia mengatakan proses soal UN dari pengadaan soal hingga pendistribusian soal sudah di kawal aparat kepolisian sehingga tidak mungkin terjadi kebocoran UN. Jika terjadi kebocoran maka akan berpengaruh terhadap psikologi siswa peserta UN.

“Tidak mungkin terjadi hal seperti itu kecuali barangkali dari tempat pencetak  yang menyebarkan itu. Kalau itu terjadi bukan tanggung jawab kami, silahkan aparat pelaksana mengusut hal itu. Tetapi hemat kami itu hanya dipolitisir dan akan berpengaruh pada anak didik kita,” ujar I Ketut Sudikerta.

Saat ini tim teknis sudah melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan UN dan tidak ditemukan kebocoran soal itu.

Sebelumnya Kepala Ombudsman RI Perwakilan Bali, Umar Al Khattap mengungkap kebocoran soal tersebut. Kunci jawaban yang beredar adalah mata pelajaran IPA, Matematika dan Bahasa Inggris.


Editor: Luviana

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 14

Menguasai Manajemen Amarah

Kabar Baru Jam 7

Wacana Jokowi Presiden 3 Periode

Kabar Baru Jam 8