Malaysia Perluas Kerjasama Pengusaha Lokal Aceh

KBR, Lhokseumawe

NUSANTARA

Senin, 05 Mei 2014 08:39 WIB

Author

Erwin Jalaluddin Adyemaja

Malaysia Perluas Kerjasama Pengusaha Lokal Aceh

malaysia, pengusaha, aceh

KBR, Lhokseumawe – Para pengusaha di Malaysia bekerjasama dengan pengusaha lokal di Aceh. Kerjasama ini tertuang dalam bentuk bisnis pengiriman barang hasil-hasil bumi di Aceh ke Malaysia. Hasil bumi yang dikirimkan berupa: kelapa dan jahe yang dikirim atas kerjasama PT. Nafasindo, sebuah perusahaan Malaysia yang kini mulai membuka cabang di Aceh.

Kerjasama pertama perusahaan tersebut ditandai dengan pengiriman 140 ton kelapa dan jahe di Provinsi Aceh ke Malaysia dengan menggunakan Kapal Layar Motor Tanjung Harapan. Komoditi unggulan tersebut dipasok ke Malaysia melalui Pelabuhan Umum Krueng Guekueh. 

Direktur Utama PT Pandu Buana Nusantara Aceh Utara, Zulkiram Hanafiah mengatakan, pihaknya berkomitmen melakukan kegiatan ekspor beragam hasil bumi ke Malaysia. Seluruh komoditi itu diperoleh dari para petani pada 23 Kabupaten/Kota di Aceh.

” Ini yang diekspor kelapa 115 ton atau 115 ribu butir. Kemudian jahe 15 ton, ” kata Zulkiram.

Zulkiram menambahkan, Malaysia menjadi tujuan ekspor kelapa dan jahe setelah adanya komitmen bersama antara Pemerintah Aceh dengan PT Nafasindo Malaysia.

”Malaysia yang sangat kompetitif berinvestasi memikat banyak negara-negara di kawasan  Asia Tenggara untuk bisa terlibat mengekspor komoditi, tapi PT Nafasindo tetap bekerjasama dengan Aceh. Jadi, peluang ini terus kita jaga agar perekonomian masyarakat di Aceh bisa bangkit kembali, ” ucapnya.

Sementara Pemerintah Provinsi Aceh merasa gembira dengan kerjasama tersebut. PT Nafasindo sebelumnya bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit di Aceh Singkil, maka ke depan perusahaan tersebut akan mengembangkan usaha bidang industri perikanan, peternakan, dan pertanian.

Setelah dikeluarkannya Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 61/M/DAG/PER/9/2013 Pelabuhan Krueng Geukueh resmi dinyatakan dapat melakukan transaksi ekspor/ impor barang tertentu, mulai makanan dan minuman, alas kaki, pakaian jadi, dan barang elektronik.


Editor: Luviana

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kapten Barcelona Lionel Messi Lampaui Rekor Cristiano Ronaldo

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18