NUSANTARA

Lagi, Pemprov Papua Tunda Pengumuman PNS K2

"Pengumuman pegawai negeri sipil (PNS) kategori 2 (K2) kembali ditunda. Penyebabnya karena ada 491 orang tenaga honorer yang tidak terakomodir dalam daftar K2 tersebut."

Katharina Lita

Lagi, Pemprov Papua Tunda Pengumuman PNS K2
Pemprov Papua, Pengumuman PNS K2

KBR, Mimika – Pengumuman pegawai negeri sipil (PNS) kategori 2 (K2) kembali ditunda. Penyebabnya karena ada 491 orang tenaga honorer yang tidak terakomodir dalam daftar K2 tersebut. 

Menurut Sekretaris Daerah Pemda Papua, Herry Dosinaen, mereka yang belum terakomodir itu akan diselesaikan dengan cepat di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (SesmenPAN-RB).

Herry mengatakan, tidak diakomodirnya ratusan orang itu, karena tidak adanya pendataan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Saya kemarin sudah panggil kepala BKD (Badan Kepegawaian Daerah , red.) ternyata ini ada kesalahan-kesalahan di SKPD yang tentunya tidak mau melihat ini secara baik sesuai dengan tupoksinya (Tugas, Pokok dan Fungsi, red.),”  kata Herry.  

Soal ini, kata dia, Gubernur Papua Lukas Enembe meminta segera dituntaskan.

“Gubernur menghendaki bahwa K2 ini harus 100 persen. Yang sekarang menjadi persoalan kemarin itu, bukan K2 lagi. Banyak pegawai honorer yang tidak masuk dalam K2 ada sekitar 400 sekian,” tutur Herry.

Herry Dosinaen menambahkan, saat ini pengumuman PNS untuk kategori umum telah diumumkan lewat online. Putra daerah yang diakomodir dalam penerimaan tersebut adalah  100 orang, yang terdiri dari 71 anak asli Papua dan sisanya adalah 29 putra asli Papua Barat.

Sebelumnya Pemda setempat telah menunda pengumuman K2 sebanyak dua kali. Pengumuman pertama seharusnya dilakukan pada awal tahun lalu, namun ditunda. Sementara, pengumuman kedua rencananya dilakukan usai pemilihan legislative, namun kembali ditunda karena banyaknya tenaga honorer yang belum diakomodir dalam daftar K2.

Editor: Anto Sidharta

Baca juga: Hati-Hati Praktek Manipulasi Data Honorer K2

  • Pemprov Papua
  • Pengumuman PNS K2

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!