NUSANTARA

Gempa 6,4 SR Guncang Aceh

"KBR, Jakarta - Gempa berkekuatan 6,4 skala richter mengguncang wilayah Aceh Jaya dan Meulaboh di Provinsi Aceh. Gempa terjadi pada pukul 08.02 WIB."

Khusnul Khotimah

Gempa 6,4 SR Guncang Aceh
gempa, aceh, bnpb, sutopo purwo nugroho

KBR, Jakarta - Gempa berkekuatan 6,4 skala richter mengguncang wilayah Aceh Jaya dan Meulaboh di Provinsi Aceh. Gempa terjadi pada pukul 08.02 WIB.


Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, pusat gempa berada di 342 kilometer barat daya Kabupaten Aceh Jaya dan berada di dasar laut dengan kedalaman 15 kilometer. Mekanisme gempanya diperkirakan adalah gempa geser dan bukan gempa vertikal sehingga tidak berpotensi terhadap tsunami.

"Masyarakat sudah kembali ke rumah. Masyarakat juga sudah paham betul karena gempa kan bukan kejadian yang pertama ini. Memang terjadi goncangan yang cukup kuat dan masyarakat keluar dari rumah dan mencari tempat-tempat yang aman, " jelas Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho kepada KBR (18/05).

Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh hingga kini masih melakukan pemantauan di lapangan untuk mengecek apakah ada kerusakan bangunan dan dampak yang lain. Kegiatan masyarakat sendiri sudah berjalan normal.


Editor: Quinawaty Pasaribu

  • gempa
  • aceh
  • bnpb
  • sutopo purwo nugroho

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!