NUSANTARA

APBK Aceh Utara Habis untuk Biayai Perjalanan Dinas

"Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) Aceh Utara tahun 2014 senilai Rp 1,3 miliar habis untuk membiayai perjalanan dinas. Hampir sebagian sebesar digunakan untuk berpergian ke luar daerah."

Erwin Jalaludin

APBK Aceh Utara Habis untuk Biayai Perjalanan Dinas
aceh utara, perjalanan dinas

KBR, Lhokseumawe – Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) Aceh Utara tahun 2014 senilai Rp 1,3 miliar habis untuk membiayai perjalanan dinas. Hampir sebagian sebesar digunakan untuk berpergian ke luar daerah. 


Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib membenarkan, pihaknya terpaksa menggunakan kas daerah untuk beragam kegiatan dinas di luar kota. Anggaran sebanyak itu digunakan untuk menindaklanjuti serangkaian program pemerintahan kepada pemerintah pusat, seperti pembangunan infrastruktur berskala besar atau proses administrasi perkantoran.


”Embel-embelnya akan muncul, ini yang paling penting sekali. Untuk subsidi dana perjalanan itu Rp 1,3 miliar setiap tahunnya. Itu dikemanakan tanyakan tujuannya saja kepala dinas. Pokoknya Kita Pemda setiap tahun selalu menyediakan minyaknya, mobilnya dan semuanya setiap tahun,” kata Thaib menjawab portalkbr, Jum’at (16/5)


Menurut Bupati, dengan adanya dana perjalanan dinas tersebut diharapkan dapat mendongkrak pembangunan di daerah. Sehingga, dapat meningkatkan perekonomian bagi masyarakat secara merata, baik di kecamatan perkotaan maupun pedesaan. 


”Setiap dinas harus bekerja maksimal, tak boleh ada kendala suatu apa pun dikarenakan sudah terpenuhi segalanya. Jadi, tidak ada alasan macam-macam, uang yang digunakan itu untuk rakyat dan harus diberikan juga kepada rakyat lewat pekerjaan yang memang dibutuhkan semua khalayak luas,” jelasnya. 


Berdasarkan data secara keseluruhan total APBK Aceh Utara 2014 mencapai Rp 1,7 triliun. Daerah pesisir timur pantai Aceh itu merupakan Kabupaten terbesar dengan jumlah penduduk lebih 500 ribu jiwa yang tersebar di 852 Desa. 


Editor: Antonius Eko 


 


  • aceh utara
  • perjalanan dinas

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!