NUSANTARA

Aktivitas Gunung Ijen Meningkat, Pemerintah Bagikan Masker

"KBR, Bondowoso "

Friska Kalia

Aktivitas Gunung Ijen Meningkat, Pemerintah Bagikan Masker
gunung, ijen, masker

KBR, Bondowoso – Aktifitas Gunung Ijen yang meningkat dalam beberapa hari terakhir diantisipasi oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso.

Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Bondowoso Arif Sudibyo mengatakan akan segera membagikan masker untuk warga yang tinggal di sekitar lereng Gunung Ijen. 


Pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Puskesmas Sempol untuk mendata berapa banyak masker yang dibutuhkan untuk warga yang tinggal di sekitar lereng Gunung Ijen. Pembagian masker bertujuan untuk mengantisipasi adanya gas beracun yang dikeluarkan gunung Ijen.

“Sudah saya konfirmasi dengan Kepala Puskesmas Sempol, maskernya sudah siap, tapi saat ini kami masih mendata dulu jumlah populasi yang beresiko disana. Akan kami bagikan secepatnya, petugas sudah siap. Yang harus diwaspadai gas beracunnya, kami beri masker supaya tidak mengganggu aktifitas,” kata Arif Sudibyo saat dihubungi KBR, Jum’at (9/5).

Paparan gas belerang tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan. Penyakit yang harus diantisipasi oleh masyarakat di sekitar lereng Ijen adalah penyakit yang berkaitan dengan pernafasan. 


Sementara itu berdasarkan hasil kajian ada 3 desa yang masuk dalam kawasan rawan bencana letusan gunung Ijen. 3 Desa tersebut diantaranya Desa Sumberejo, Kaligedang dan Kalianyar.


Editor: Luviana

  • gunung
  • ijen
  • masker

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!