Warga Lumajang Antusias Salurkan Hak Pilih Pilkada

Tingkat kehadiran masyarakat dalam pilkada Lumajang tinggi, di semua TPS di kabupaten lumajang berkisar pada angka 70 sampai 80%.

NUSANTARA

Kamis, 30 Mei 2013 12:45 WIB

Author

Radio Semeru FM

Warga Lumajang Antusias Salurkan Hak Pilih Pilkada

pilkada Lumajang, hak pilih

KBR68H, Lumajang- Tingkat kehadiran masyarakat dalam pilkada Lumajang tinggi, di semua TPS di kabupaten lumajang berkisar pada angka 70 sampai 80%. Faktor ketidak hadiran masyarakat mulai berada di luar kota karena kuliah atau bekerja, berdagang sampai ketidak hadiran tanpa alasan atau golput.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara ( KPPS ), Imam Tohari menyatakan hingga mendekati penghitungan suara, yang datang menggunakan hak pilihnya sekitar 80 % dari jumlah total DPT 437.

“Untuk surat suara tidak ada masalah, sementara untuk ramainya masyarakat sekitar jam. 9 pagi, dengan jumlah DPT 437 yang menggunakan hak suara kira – kira 340-an,"ungkap Imam Tohari.

Hal senada juga diungkapkan Ketua KPPS TPS  5 RW. 6 Kelurahan Citrodiwansan Kecamatan Lumajang, Abdul Manaf. Menurutnya, pemilih  yang hadir sekitar 80 % dari jumlah total DPT 583.

“Citro sendiri ada 18 TPS sementara untuk total 8.832, sampai jam.10 pagi sudah 50% dan tetap berjalan lancar karena sebelum pelaksanaan sudah saya pantau,"ungkap Abdul Manaf.

Terpisah Panwascam Kecamatan Lumajang, Siti Mudawiyah mengungkapkan pada pilkada Lumajang tahun 2013, masyarakat antusias untuk menggunakan hak pilihnya.

“Alhamdulillah di beberapa wilayah terlihat begitu antusias masyarakat untuk melaksanakan pesta demokrasi ini, kalau pagi – pagi memang agak sepi tapi menjelang jam.08.30 sampai jam.09.00 masyarakat berduyun – duyun untuk menggunakan hak pilihnya,"ungkap Siti Mudawiyah.

Sementara itu Komisioner KPU Lumajang, Yuyun Baharita menggungkapkan pihaknya optimis pelaksanaan pilkada Lumajang yang diselenggarakan pada 29 Mei 2013 sukses, karena berbagai upaya telah dilaksanakan diantaranya sosialisasi dari kalangan pelajar hingga pada kalangan ketunaan.

“Memang pada waktu itu kami membagi sasaran sosialisasi pemilih, sasaran tembak kami adalah pemilih pemula yang utama, yang kedua organisasi, kemarin itu yang kami bentuk kelompok masyarakat katolik yang dulu belum pernah tersentuh, kalau ormas saya yakin sudah ada,"ungkap Yuyun Baharita

Sumber: Radio Semeru FM


Editor: Suryawijayanti

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Polisi Sebut Pelaku Bom Bunuh Diri di Polrestabes Medan Beraksi Sendiri