Tahun ini, Seratusan Desa di Kalbar Miliki Perpustakaan

Sebanyak 149 desa di Kalimantan Barat bakal memiliki perpustakaan tahun ini.

NUSANTARA

Jumat, 24 Mei 2013 21:22 WIB

Author

Jayanti Mandasari

Tahun ini, Seratusan Desa di Kalbar Miliki Perpustakaan

perpustakaan, kalimantan barat, 2013, portalkbr


KBR68H, Pontianak - Sebanyak 149 desa di Kalimantan Barat bakal memiliki perpustakaan tahun ini. Perpustakaan desa itu berlokasi di balai desa, rumah kepala desa hingga posyandu. Kepala Unit Pelayanan Perpustakaan Kalbar, Untad Dharmawan mengatakan, Perpustakaan provinsi akan menyerahkan seribu eksemplar buku kepada perpustakaan desa terebut. Kata dia, pengadaan buku-buku menelan anggaran sebesar Rp 7-8 miliar dan akan dilakukan pada pertengahan tahun ini.

“Tahun 2012 anggaran belanja buku itu bisa mencapai 7-8 miliar bukan hanya untuk perpustakaan provinsi, tapi untuk perpustakaan desa juga. Bantuannya buku dan rak kemudian sekaligus pelatihan calon pengelolanya. Masing-masing kepala desa berkreasi yang penting syarat bagi kita adalah tempatnya harus mudah bagi masyarakat untuk mengakses. Sekarang bukunya sudah pengadaan dan sedang kita olah bukunya yang kita berikan itu yang siap dilayankan. Jadi, sudah diolah, dikatalog, diklasifikasi, diberi nomor punggung, dan kantong kartu. Mungkin, sekitar bulan Juni atau Juli sudah didistribusikan,” ujar Kepala Unit Pelayanan Perpustakaan Kalbar, Untad Dharmawan.

Kepala Unit Pelayanan Perpustakaan Kalimantan Barat, Untad Dharmawan menambahkan, perpustakaan desa itu akan menjadi tanggungjawab bupati/walikota, setelah bantuan diberikan. Kata dia, sejak 2008 hingga 2012 telah ada 400 desa yang sudah memiliki perpustakaan.


Editor: Nanda Hidayat

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Upaya Kurangi Risiko Bencana Iklim

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Perkara Bukber Tahun ini

Kabar Baru Jam 10