NUSANTARA

Sultan: Masih Sedikit Guru yang Berikan Teladan

"Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X menilai pendidikan di Indonesia masih jauh dari pencerahan, karena hanya sedikit guru yang memberikan teladan, sementara banyak orang tua yang memaksakan kehendak."

Sultan: Masih Sedikit Guru yang Berikan Teladan
sultan, guru, yogyakarta

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X menilai pendidikan di Indonesia masih jauh dari pencerahan, karena hanya sedikit guru yang memberikan teladan, sementara  banyak orang tua yang memaksakan kehendak.

“Hasilnya adalah anak didik yang membenci pelajaran, meledek cara guru mengajar, dan diam-diam bosan dengan nasihat tentang masa depan yang sudah ditentukan orangtua,” katanya.

Ia mengatakan, pendidikan yang mencerahkan adalah yang berlandaskan pada tiga jenis kecerdasan yakni kecerdasan akal, emosi, dan spiritual.

Guru yang memiliki ketiga jenis kecerdasan itu adalah pendidik yang telah mengalami pencerahan yang akan mencerahkan anak didiknya dengan cara menggali potensi hebat mereka, menimbulkan keingintahuan mereka dengan melangsungkan proses belajar yang menarik, menghibur, dan menyenangkan.

Proses belajar mengajar yang mencerahkan itu, imbuh Sultan, akan menjadi wahana penemuan diri, proses identifikasi diri, dan pemecahan masalah yang dihadapi anak didik, baik masalah materi pelajaran maupun kehidupan pribadi mereka.

“Pendidikan yang mencerahkan adalah yang memberikan anak didik hak-hak belajar mereka dan bukan semata transfer ilmu pengetahuan, tetapi juga disertai keteladanan dari guru yang disaksikan dan dialami langsung oleh murid.”

Sumber: Star Jogja  

Editor: Antonius Eko

  • sultan
  • guru
  • yogyakarta

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!