Status Gunung Sangeangapi Siaga, warga Dilarang Mendekat

Status Gunung Sangeangapi di Kecamatan Wera, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat meningkat dari waspada (Level II) ke siaga (Level III).

NUSANTARA

Kamis, 30 Mei 2013 07:34 WIB

Author

Abu Pane

Status Gunung Sangeangapi Siaga, warga Dilarang Mendekat

gunung sangeangpi, NTB, siaga

KBR68H, Jakarta - Status Gunung Sangeangapi di Kecamatan Wera, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat meningkat dari waspada (Level II) ke siaga (Level III).

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Surono mengatakan, pihaknya sudah melarang warga sekitar untuk tidak mendekati gunung tersebut. Zona aman ditetapkan lima kilometer.

“Ya ada peningkatan di Gunung Sangeangapi. Kalau level status kan hanya warning berdasarkan tiga kegiatan. Setia gunung beda-beda, ada laporan tiap hari ke Pemda. Rekomendasi diberikan ke Pemda, Pemda yang urus. Setelah itu ya Pemda, kan saya ga punya hak untuk mengatur warga di sana,” ujar Surono saat dihubungi KBR68H.

Sebelumnya Gunung Sangeangapi berpotensi memuntahkan lava panas. Letusannya juga bisa menimbulkan awan panas yang membahayakan warga sekitarnya. Meski begitu Kepala Seksi Mitigasi Bencana Geologi, Dinas Pertambangan dan Energi NTB, Kun Santoso meminta warga tenang dan selalu mengikuti arahan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB.

Editor: Antonius Eko 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Izin Keruk Harta Karun RI

Kabar Baru Jam 8

Mama 'AB': Mengikat Yang Tercerai

Gelar Konser Musik dan Seni Pertunjukan Offline. Apa Sudah Memungkinkan?